Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Kemampuan Menyusun Perencanaan Keuangan Generasi Milenial dan Z di Indonesia
Octaldwina Vella Vania, I Wayan Nuka Lantara, M.Si., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan terhadap kemampuan menyusun perencanaan keuangan generasi milenial dan Z di Indonesia. Penelitian ini melibatkan 211 responden yang memiliki berbagai karakteristik, seperti jenis kelamin, generasi, pekerjaan, pendidikan terakhir, bidang pendidikan terakhir, dan pendapatan per bulan.
Analisis uji statistik menunjukkan bahwa responden memiliki rata-rata pengetahuan keuangan (67,20%), sikap keuangan (87,68%), dan perilaku keuangan (57,28%). Hasil uji regresi menunjukkan bahwa literasi keuangan (pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan perilaku keuangan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menyusun perencanaan keuangan generasi milenial dan Z di Indonesia.
Secara keseluruhan, literasi keuangan terbukti sebagai faktor penting dalam meningkatkan kemampuan perencanaan keuangan individu generasi milenial dan Z di Indonesia. Secara khusus, responden yang memiliki pendidikan lebih tinggi, latar belakang pendidikan ekonomi, dan pendapatan lebih besar menunjukkan kemampuan perencanaan keuangan yang lebih baik. Penelitian ini menyarankan pentingnya peningkatan literasi keuangan untuk meningkatkan perencanaan keuangan yang lebih baik di kalangan masyarakat Indonesia.
Kata kunci: pengetahuan keuangan, sikap keuangan, perilaku keuangan, perencanaan keuangan
This study aims to examine the influence of financial literacy on the financial planning ability of Millennials and Generation Z in Indonesia. The research involved 211 respondents with various characteristics, including gender, generation, occupation, educational background, field of study, and monthly income.
Statistical analysis showed that respondents had an average score of financial knowledge (67.20 percent), financial attitude (87.68 percent), and financial behavior (57.28 percent). Regression test results indicated that financial literacy (financial knowledge, financial attitude, and financial behavior) had a significant positive effect on the financial planning ability of Millennials and Generation Z in Indonesia.
Overall, financial literacy has been proven to be an important factor in improving financial planning capabilities among Millennials and Generation Z in Indonesia. Specifically, respondents with higher education levels, an economics-related educational background, and higher incomes demonstrated better financial planning abilities. This study emphasizes the importance of enhancing financial literacy to improve financial planning among Indonesian society.
Keywords: financial knowledge, financial attitude, financial behavior, financial planning
Kata Kunci : pengetahuan keuangan, sikap keuangan, perilaku keuangan, perencanaan keuangan