Laporkan Masalah

Peranan Monetary Reward dalam Meningkatkan Kinerja Internasionalisasi Tri Dharma: Studi Fenomenologis pada Akademisi Perguruan Tinggi Swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta

Reonal Regen, Prof. Nurdiana Gaus, S.S., PGDIP., Ph.D; Dr. Wisjnu Martani, S.U

2024 | Tesis | S2 MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan hal yang penting diperhatikan oleh akademisi di perguruan tinggi swasta Indonesia karena merupakan salah satu tolak ukur untuk menilai kinerja atau performa seorang akademisi adalah kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi bahkan setiap perguruan tinggi di Indonesia telah memberikan penghargaan atau monetary reward terhadap akademisi yang telah melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik terlebih kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi yang skalanya internasional atau bereputasi. Tentu saja melalui penelitian yang akan dilakukan ingin mengkaji bagaimana pengalaman atau pendapat akademisi terhadap Monetary Reward dapat meningkatkan kinerja internasional Tri Dharma dengan pendekatan studi fenomenologis. Penelitian  ini merupakan penelitian kualitatif dengan purposive sampling dengan pengambilan sampling yang bersifat tipikal yaitu perguruan tinggi swasta di Indonesia khususnya di Yogyakarta dengan pendekatan studi fenomologis dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan jumlah informan sebanyak 9 orang  dengan kriteria informan berdasarkan klasterisasi perguruan tinggi, jabatan akademik, skor SINTA, h-index Scopus/WoS dan h-index google scholar. Dari hasil yang didapat pada penelitian ini memperlihatkan pengalaman akademisi dari klasterisasi mandiri cukup baik terlihat dari kualitas kinerja Tri Dharma yang dihasilkan cukup berkualitas dan bereputasi serta berkenaan dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik memperlihatkan informan terindikasi melakukan kinerja tersebut dengan maksimal tanpa adanya pemicu atau dorongan walaupun secara implisit berberapa informan terkesan termotivasi oleh dorongan atau pemicu sedangkan untuk klasterisasi utama dan madya dapat dikatakan kualitas kinerja Tri Dharma yang dihasil cukup baik. Serta Penerapan mekanisme reward telah diterapkan dengan baik hanya secara implisit untuk seleksi karya yang diklaim kurang begitu diperhatikan. Secara kesimpulan memang monetary reward memiliki peranan yang cukup tinggi dalam meningkatkan kinerja Tri Dharma PT khususnya untuk bidang kegiatan publikasi yang bereputasi sedangkan kegiatan pengajaran dan pengabdian masyarakat masih belum terlalu banyak yang skalanya internasional sedangkan mekanisme pemberian reward sudah cukup baik hanya perlu perbaikan dari segi seleksi karya publikasi yang akan diklaim.

The performance of Tri Dharma of Higher Education is important for academics in Indonesian private universities due to its role as a benchmark to assess the effectiveness of the program. The trend can be observed from the awards or monetary rewards provided to academics that have implemented the activities effectively considering the international reputation of the program. Therefore, this study aimed to examine the experiences or opinions of academics regarding the ability of monetary rewards to improve the international performance of Tri Dharma using a phenomenological qualitative method. Purposive sampling was adopted to select nine informants from private universities in Indonesia, specifically in Yogyakarta, based on certain criteria, including clusters, academic positions, SINTA scores, Scopus/WoS h-index, and Google Scholar h-index. The study was conducted through in-depth interviews and the results showed that the experience of lecturers in independent cluster was quite good. This was identified from the qualified and reputable Tri Dharma performance produced as well as the intrinsic and extrinsic motivation of the informants to implement the program optimally without any trigger. However, some informants seemed implicitly motivated by triggers. It was further observed that the informants in the main and middle clusters had quite good performance due to the effective implementation of a reward mechanism implicitly for some claimed publications but with less attention to quality. In conclusion, monetary rewards had a fairly high role in improving the performance of Tri Dharma of Higher Education, specifically for reputable publication activities. The teaching and community service activities were observed not to be relatively on an international scale. Moreover, the reward mechanism was found to be quite good but there was the need for improvement in the selection of claimed publications.

Kata Kunci : Monetary Reward, Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik, Kinerja Internasionalisasi Tri Dharma PT, Mekanisme Reward

  1. S2-2024-502181-abstract.pdf  
  2. S2-2024-502181-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-502181-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-502181-title.pdf