Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yogyakarta Pengguna Aplikasi Pinjaman Online (Pinjol)
KHANSA ALIFAH NAFISA, Dr. Agusta Ika Prihanti Nugraheni, S.E., MBA.
2024 | Tugas Akhir | D4 PERBANKAN
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Yogyakarta pengguna aplikasi pinjaman online (pinjol). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa angkatan 2020-2023 di lima universitas terbesar di Yogyakarta, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Islam Sunan Kalijaga (UIN), dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Jumlah sample yang digunakan peneliti sebanyak 100 responden dan menerapkan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 29. Berdasarkan pengujian, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh negatif dan gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Yogyakarta pengguna aplikasi pinjaman online (Pinjol).
This research aims to analyze the influence of financial literacy and lifestyle on the consumer behavior of Yogyakarta students who use online loan applications (pinjol). This study uses data collection techniques through primary data by distributing questionnaires to students of the 2020-2023 intake at the five largest universities in Yogyakarta, namely Gadjah Mada University (UGM), Yogyakarta State University (UNY), Islamic University of Indonesia (UII), Sunan Kalijaga Islamic University (UIN), and Muhammadiyah University of Yogyakarta (UMY). The number of samples used by researchers was 100 respondents and applied a purposive sampling technique. The method used in this study is multiple linear regression analysis using SPSS 29 software. Based on the test, the results of the study showed that the financial literacy variable had a negative effect and lifestyle had a positive effect on the consumer behavior of Yogyakarta students who use online loan applications (Pinjol).
Kata Kunci : Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif, Pinjaman Online.