Laporkan Masalah

Media Sosial, Berita, dan K-Pop (Analisis Framing Konten Akun Instagram @Panncafe terhadap Jang Wonyoung IVE pada Tahun 2022)

MILLAH AZIZAH, Dr. Wisnu Martha Adiputra, S.I.P., M.Si.

2024 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Merebaknya Hallyu Wave menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk yang banyak mengonsumsi konten hallyu sebesar 35% (kompas.com, 2023). Sebanding dengan hal tersebut, berita yang membahas mengenai Korea pun semakin banyak pula, terutama pada media sosial. @Panncafe merupakan salah satu akun media sosial di Instagram yang memberikan informasi terkini tentang hallyu, seperti K-Pop, K-Drama, dan selebritinya. Berdasarkan studi penelitian terdahulu, penelitian terhadap pemberitaan dari media sosial, terutama Instagram, masih jarang diteliti. Selain itu, masih sedikit ditemukan penelitian terhadap akun yang membahas konten seputar hallyu sehingga @panncafe merupakan akun yang menarik untuk diteliti. Penelitian dilakukan dengan mengambil objek berupa konten-konten berita akun @Panncafe yang membahas mengenai Jang Wonyoung IVE selama tahun 2022. Pan & Kosicki (Eriyanto, 2002) menyatakan bahwa setiap berita dibuat dengan adanya frame sebagai ide terhadap suatu realitas yang berarti pembuatan berita tidak dapat terlepas dari framing. Oleh karena itu, metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing menggunakan model milik Pan & Kosicki melalui empat struktur, yaitu struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Berdasarkan analisis tersebut, didapat hasil penelitian bahwa @Panncafe melakukan framing pada beberapa aspek. Aspek tersebut diantaranya, pemilihan kata pada headline dan lead berita, isi berita yang cenderung menonjolkan kronologi permasalahan, serta penggunaan foto dan warna bingkainya sebagai representasi topik berita.

The spread of Hallyu Wave has made Indonesia one of the countries with a large population that consumed a lot of Hallyu content, reached 35% (kompas.com, 2023). In line with this, news about Korea is also increasing, especially on social media. @Panncafe is one of the social media accounts on Instagram that provides up-to-date information about Hallyu, such as K-Pop, K-Drama, and celebrities. Based on previous research studies, research on news from social media, especially Instagram, is still rarely studied. In addition, there is still little research on accounts that discuss hallyu-related content so @panncafe is an interesting account to study. The research was conducted by taking objects in the form of @Panncafe account news content that discussed Jang Wonyoung's IVE during 2022. Pan & Kosicki (Eriyanto, 2002) stated that every piece of news is made with a frame as an idea of a reality which means that newsmaking cannot be separated from framing. Therefore, the research method used is framing analysis using Pan & Kosicki's model through four structures: syntactic, script, thematic, and rhetorical structures. Based on the analysis, it was found that @Panncafe did framing on several aspects. These aspects include the choice of words on headlines and news leads, news content that tends to highlight the chronology of the problem, and the use of photos and colors of the frame as a representation of news topics. From the framing done by @Panncafe, it was found that there was a tendency for the news to increase the level of audience interaction on content with commercial purposes.

Kata Kunci : framing, media sosial, berita, Jang Wonyoung

  1. S1-2024-459791-abstract.pdf  
  2. S1-2024-459791-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-459791-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-459791-title.pdf