Karakteristik Konten Meme di Media Sosial dan Pengaruhnya pada Citra Merek Gramedia
Muhammad Zahid Alfaruqi, Bayu Aji Aritejo, S.E., M.M., M.Si., Ph.D.,
2024 | Skripsi | MANAJEMEN
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik konten meme yang terdiri atas
kejelasan pesan, humor, intensitas emosional, dan interaksi merek pada citra
merek. Responden penelitian ini
adalah warga negara Indonesia yang berdomisili di pulau Jawa, pulau Sumatera,
pulau Kalimantan dan merupakan konsumen Gramedia. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan regresi berganda yang dilakukan dengan program SPSS
versi 23. Responden dalam penelitian ini berjumlah berjumlah 120 orang.
Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa kejelasan pesan, humor dan intensitas emosional berpengaruh positif terhadap citra
merek. Di sisi lain, interaksi merek
tidak berpengaruh positif terhadap citra merek. Berdasarkan hal ini, Gramedia
sebagai sebuah brand yang menggunakan
konten meme pada akun media sosial dapat melanjutkan penggunaan konten meme
dengan memfokuskan konten meme yang memiliki karakteristik kejelasan pesan,
humor, dan intensitas emosional karena dengan memfokuskan konten meme yang
memiliki tiga karakteristik tersebut persepsi konsumen terhadap citra merek
Gramedia dapat meningkat.
This study aims to determine the
effect of meme content characteristics consisting of message clarity, humor,
emotional intensity, and brand interaction on brand image. The respondents of
this study were Indonesian citizens who live in Java, Sumatra, and Kalimantan
and are consumers of Gramedia. Data analysis in this study used multiple
regression conducted with the SPSS version 23 program. The number of
respondents in this study was 120 people.
The results of this study
indicate that message clarity, humor and emotional intensity have a positive
effect on brand image. On the other hand, brand interaction does not have a
positive effect on brand image. Based on this, Gramedia as a brand that uses
meme content on social media accounts can continue to use meme content by focusing
on meme content that has the characteristics of message clarity, humor, and
emotional intensity because by focusing on meme content that has these three
characteristics, consumer perception of Gramedia's brand image can increase.
Kata Kunci : konten meme, kejelasan pesan, humor, intensitas emosional, interaksi merek, citra merek.