Pengembangan Dashboard Kunjungan Harian Peserta Berbasis Website di BPJS Kesehatan KC Sleman
PUTRI DWI PRADANI, Dina Fitriana Rosyada, S.K.M., M.K.L.
2024 | Tugas Akhir | D4 MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN
Latar Belakang: Dalam
rangka meningkatkan mutu layanan kepada peserta JKN, BPJS Kesehatan KC Sleman
secara rutin melakukan monitoring dan evaluasi layanan terhadap peserta JKN.
Sumber data yang digunakan sebagai bahan evaluasi layanan sekaligus untuk
pengambilan keputusan adalah data kunjungan harian peserta. Kunjungan harian
peserta dapat disajikan dengan visualisasi dalam bentuk dashboard. Dashboard
dapat mempermudah BPJS Kesehatan KC Sleman khususnya bagian mutu layanan
kepesertaan dalam menyajikan data secara realtime terkait jumlah kunjungan dan
tren/ pola kunjungan peserta yang datang ke kantor cabang.
Tujuan: Menghasilkan
dashboard kunjungan harian peserta BPJS Kesehatan KC Sleman berbasis web.
Metode: Perancangan
dashboard kunjungan harian peserta ini menggunakan metode waterfall
dengan pendekatan UCD yang dilaksanakan pada bulan Februari hingga Juni 2024.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pendahuluan, observasi, dan
wawancara tertulis. Metode yang digunakan untuk evaluasi produk menggunakan
FGD.
Hasil: Perancangan
ini mendeskripsikan permasalahan dan kebutuhan pengguna. Hasil akhir berupa dashboard
kunjungan harian peserta berbasis web untuk monitoring dan evaluasi
layanan. Dashboard ini terdiri dari 6 menu utama, yaitu Halaman Sampul, Login,
Beranda, Detail, Rekap, dan Tentang. Berdasarkan
hasil evaluasi, terdapat penambahan menu Top 10 layanan yang paling sering
dipilih peserta yang datang ke BPJS Kesehatan KC Sleman.
Kesimpulan: Dashboard
kunjungan harian peserta berbasis web telah dilakukan simulasi dan
evaluasi melalui FGD. Dashboard digunakan untuk memvisualisasikan data
kunjungan harian peserta BPJS Kesehatan KC Sleman secara realtime guna
meningkatkan mutu layanan kepada peserta JKN.
Background: To improve the quality
of services to JKN participants, BPJS Kesehatan KC Sleman routinely conducts
monitoring and evaluation of services to JKN participants. The data source used
as a material for service evaluation as well as for decision making is the participant's
daily visit data. Participants' daily visits can be presented with
visualization in the form of a dashboard. Dashboards can make it easier for
BPJS Kesehatan KC Sleman, especially the quality of membership services, to
present data in real time related to the number of visits and trends / patterns
of visits by participants who come to the branch office.
Objective: Produce a web-based
dashboard of daily visits of BPJS Kesehatan KC Sleman participants.
Methods: The design of the dashboard for participants' daily
visits used the waterfall method with the UCD approach which was carried out
from February to June 2024. Data collection techniques were carried out by
preliminary studies, observations, and written interviews. The method for
product evaluation used FGDs.
Results: This design describes
the problems and user needs. The result is a web-based participant daily visit
dashboard for service monitoring and evaluation. This dashboard consists of 6
main menus, namely Cover Page, Login, Home, Details, Recap, and About. Based on
the evaluation results, there is an addition to the Top 10 services menu that
are most often chosen by participants who come to BPJS Kesehatan KC Sleman.
Conclusion: The web-based participant daily visit dashboard
has been simulated and evaluated through FGDs. The dashboard is used to
visualize data on daily visits of BPJS Health KC Sleman participants in real
time to improve the quality of service to JKN participants.
Kata Kunci : BPJS Kesehatan, Dashboard, Kunjungan harian peserta, Waterfall, UCD