Peran Media Sosial Sebagai Alat Untuk Mendorong Partisipasi Politik Generasi Z
NAADHIRAH AULIA RAHMA, Prof. Dr. Agus Heruanto Hadna
2024 | Skripsi | ILMU ADMINISTRASI NEGARA (MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK)
Media sosial saat ini mampu mengakomodasi kebutuhan para penggunanya tidak hanya dalam ranah hiburan namun berkembang pada ranah partisipasi politik juga. Fasilitas yang ditawarkan oleh media sosial yakni sebagai alat komunikasi dan sumber informasi dengan aksesibilitas tinggi menjadikan media sosial sebagai alat yang digemari oleh generasi Z. Generasi Z sendiri dikenal sebagai digital natives karena mereka tumbuh pada lingkungan yang melek teknologi yang menjadikan generasi Z adaptif dalam mengikuti perkembangan media sosial. Penelitian ini akan mengkaji peran media sosial dalam mendorong partisipasi politik generasi Z dengan melihat aktivitas politik generasi Z yang dilakukan di media sosial. Kemudian akan dilihat pula faktor apa saja yang dapat mendorong generasi Z dalam melakukan partisipasi politik dalam konteks media sosial. Data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer dari hasil survei dan wawancara oleh kelompok generasi Z berasal dari mahasiswa Universitas Gadjah Mada dan data sekunder dari studi kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode campuran oleh Cresswell & Cresswell dan menggunakan pendekatan desain tertanam dengan cara menyandingkan data kualitatif sebagai data utama dengan data kuantitatif sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berperan dalam mendorong partisipasi politik generasi Z sebagai ruang publik yang menyediakan ruang bagi generasi Z untuk membentuk opini publik, sebagai mediator antara masyarakat dan pemerintah, serta ruang untuk mewujudkan partisipasi yang demokratis. Hal tersebut diwujudkan melalui aktivitas politik online yang dilakukan oleh generasi Z di media sosial. Ditunjukkan pula tiga faktor dengan pendekatan civic voluntarism model (CVM) meliputi sumber daya, keterlibatan, dan mobilisasi sebagai faktor pendorong generasi Z dalam melakukan partisipasi politik online di media sosial.
Social media is currently able to accommodate the needs of its users not only in the realm of entertainment but also developing in the realm of political participation. The facilities offered by social media, namely as a communication tool and source of information with high accessibility, make social media a tool favored by generation Z. Generation Z itself is known as digital natives because they grew up in a technology-literate environment that makes generation Z adaptive in following the development of social media. This study will examine the role of social media in encouraging political participation of generation Z by looking at the political activities of generation Z carried out on social media. Then it will also be seen what factors can encourage generation Z to participate in politics in the context of social media. The research data used in this study are primary data from survey results and interviews by the generation Z group from students of Universitas Gadjah Mada and secondary data from literature studies. The research method used is a mixed method by Cresswell & Cresswell and uses an embedded design approach by juxtaposing qualitative data as the main data with quantitative data as supporting data. The results of the study show that social media plays a role in encouraging political participation of generation Z as a public space that provides space for generation Z to form public opinion, as a mediator between society and government, and space to realize democratic participation. This is realized through online political activities carried out by generation Z on social media. Three factors are also shown with the civic voluntarism model (CVM) approach including resources, involvement, and mobilization as driving factors for generation Z in carrying out online political participation on social media.
Kata Kunci : Generasi Z, Partisipasi Politik, Peran Media Sosial, Civic Voluntarism Mode