Objektifikasi Tubuh Perempuan dalam Drama Korea Mask Girl ditinjau Melalui Teori Male Gaze Laura Mulvey
NURLIANA SARI, Rachmad Hidayat, S.Fil., M.A., Ph.D. ; Dr. Septiana Dwiputri Maharani
2024 | Skripsi | ILMU FILSAFAT
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap representasi male gaze dalam media drama Korea Mask Girl yang membentuk standar tubuh perempuan dengan menggunakan teori Male gaze Laura Mulvey. Latar belakang penelitian ini adalah mengenai fenomena objektifikasi tubuh perempuan telah menjadi isu dan sudah ternormalisasikan dalam masyarakat. Perempuan seringkali direpresentasikan sebagai objek seksual dan tubuh mereka menjadi fokus utama dan dihargai semata-mata berdasarkan penampilan fisik. Teori male gaze memberikan kerangka analisis yang berguna untuk memahami bagaimana representasi tubuh perempuan dalam media visual, termasuk drama, dapat memperkuat ketidaksetaraan gender. Laura Mulvey, dalam teori Male gaze, menggunakan konsep scopophilia dan voyeurism untuk menjelaskan bagaimana penonton film, terutama laki-laki heteroseksual, memandang dan menikmati representasi visual, khususnya perempuan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif analitik-interpretatif mengenai realitas kultural aktual dalam bentuk drama yang diproduksi oleh industri perfileman Korea Selatan. Penelitian ini menggunakan metode hermeneutika untuk menginterpretasikan data-data yang diperoleh dari sumber-sumber pustaka. Dengan model penelitian tentang masalah aktual yang diperkuat dengan studi pustaka. Bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Drama Mask Girl, data pustaka, buku online, jurnal nasional dan internasional serta media internet. Analisis hasil menggunakan menggunakan unsur-unsur metodis berupa deskripsi, interpretasi dan refleksi kritis.
Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, terdapat 4 episode dari jumlah keseluruhan yaitu 7 episode yang mengandung unsur Male gaze didalamnya. Serta terdapat 7 scene utama yang menunjukkan objektifikasi terhadap tubuh perempuan, 7 scene utama praktik scopophilia, dan 2 scene utama praktik voyeurism dalam Drama Mask Girl. Kedua, Praktik-praktik tersebut tidak lepas dari adanya aspek-aspek kultural dan struktural yang mendukungnya dan juga tercermin dalam 4 scene dalam drama Mask Girl. Drama Mask Girl menjadi cerminan dari struktur patriarkal yang mendominasi, terlihat jelas bahwa perempuan dalam drama ini direduksi menjadi sekadar citra visual yang memuaskan hasrat laki-laki.
This study aims to reveal the representation of in the media of Korean drama Mask Girl that shapes women's body standards using Laura Mulvey's theory. The background of this study is that the phenomenon of objectification of women's bodies has become an issue; besides, it has been normalized in society. Women are often represented as sexual objects and their bodies are the main focus and they are valued solely based on their physical appearance. The theory provides a useful analytical framework in order to understand how the representation of women's bodies in visual media, including drama, can reinforce gender inequality. In addition, Laura Mulvey, in the theory, uses the concepts of scopophilia and voyeurism in order to explain how film audiences; especially, heterosexual men, view and enjoy visual representations, especially women. This study was a qualitative analytical-interpretive study of the actual cultural reality in the form of drama which was produced by the South Korean film industry. This study used the hermeneutic method in order to interpret data which were obtained from library sources with a research model on actual problems reinforced by literature studies. Moreover, the materials used in this study were Mask Girl Drama, library data, online books, national and international journals and internet media. The analysis of the results used methodological elements in the form of description, interpretation and critical reflection. There are two results of this study. First, there are 4 episodes out of a total of 7 episodes which contain elements of . Furthermore, there are 7 main scenes which show the objectification of women's bodies, 7 main scenes of scopophilia practices, and 2 main scenes of voyeurism practices in the Mask Girl Drama. Second, these practices cannot be separated from the cultural and structural aspects which support them and they are reflected in 4 scenes in the Mask Girl drama. Thus, the Mask Girl drama is a reflection of the dominant patriarchal structure, which is vividly showed that women in this drama are reduced to mere visual images that satisfy men's desires.
Kata Kunci : seksualitas, feminisme, objektifikasi tubuh perempuan, male gaze.