Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum Kereta Api dan Bus Rute Yogyakarta-Jakarta
ANDIRA MEGA LARASATI, Prof. Ir. Sigit Priyanto, M.Sc. Ph.D
2024 | Skripsi | TEKNIK SIPIL
Transportasi darat,
khususnya kereta api dan bus, memainkan peran yang sangat vital dalam mendukung
mobilitas masyarakat di Indonesia, terutama pada rute Yogyakarta-Jakarta.
Perkembangan infrastruktur dan peningkatan kualitas layanan transportasi telah
mendorong peningkatan penggunaan kedua moda transportasi ini. Kereta api
diminati karena keunggulannya dalam hal keamanan, ketepatan waktu, dan
kenyamanan. sementara bus menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang mencari
fleksibilitas, aksesibilitas, dan biaya yang lebih terjangkau. Dengan adanya
variasi layanan dan peningkatan infrastruktur yang mendukung kedua moda
transportasi ini, penumpang kini memiliki lebih banyak pilihan untuk
merencanakan perjalanan mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecenderungan pemilihan moda
transportasi antara kereta api dan bus pada rute Yogyakarta-Jakarta.
Untuk tujuan
tersebut, digunakan metode survei stated prefrence dengan 206 responden
yang mewakili populasi yang dibutuhkan. Data yang diperoleh kemudian diolah
menggunakan analisis regresi linier berganda dan model pemilihan moda binomial
logit selisih, dengan menggunakan variabel biaya/tarif perjalanan (X1),
variabel waktu tempuh perjalanan (X2), variabel frekuensi
keberangkatan armada (X3).
Hasil uji statistik
didapatkan bahwa seluruh variabel bepengaruh dan lulus uji. Diperoleh persamaan
utilitas yaitu (UKA-Ubus) = 1,506
? 0,076????1 ? 0,091????2 ? 0,079????3. Didapatkan variabel
biaya/tarif perjalanan berpengaruh signifikan didapat dari selisih biaya Rp
25.000 probabilitas kereta api 46% sedangkan bus AKAP 54%. Dengan selisih biaya
Rp 50.00-Rp75.000 didapat probabilitas kereta api 49?n bus AKAP 51%. Sedangakan
pada selisih Rp 100.000-Rp 125.000 didapat probabilitas masing-masing moda sama
yaitu 50%. Sementara itu, variabel waktu tempuh berpengaruh tetapi tidak
signifikan, dengan probabilitas memilih kereta api sebesar 47?n bus AKAP
53%. Variabel frekuensi keberangkatan armada juga berpengaruh tetapi tidak
signifikan, dengan probabilitas memilih kereta api sebesar 47?n bus AKAP
53%.
Land
transportation, particularly trains and buses, plays a vital role in supporting
the mobility of people in Indonesia, especially on the Yogyakarta-Jakarta
route. The development of infrastructure and the improvement of transportation
service quality have driven the increased use of these two modes of
transportation. Trains are favored for their advantages in safety, punctuality,
and comfort, while buses are the primary choice for those seeking flexibility,
accessibility, and more affordable costs. With the variety of services and
infrastructure improvements supporting these two modes of transportation,
passengers now have more options to plan their trips according to their needs
and preferences. This study aims to analyze the trends in the selection of
transportation modes between trains and buses on the Yogyakarta-Jakarta route.
For
this purpose, a stated preference survey method was used, involving 206
respondents representing the required population. The collected data was then
processed using multiple linear regression analysis and a binary logit choice
model with difference, utilizing the variables of travel cost/tariff (X1),
travel time (X2), and departure frequency (X3).
Based
on the statistical test results, all variables were found to have an influence
and passed the test. The utility difference equation was obtained as (UKA-Ubus)
= 1,506 – 0,076X1 – 0,091X2 – 0,079X3. The
variable of travel cost/tariff was found to have a significant influence, with
a difference of Rp 25,000 resulting in a probability of 46% for trains and 54%
for buses. With a cost difference of Rp50,000-Rp75,000, the probability for
trains was 49% and for buses 51%. With a difference of Rp100,000-Rp125,000, the
probability for each mode was equal at 50%. Meanwhile, the travel time variable
had an influence but was not significant, with a probability of 47% for trains
and 53% for buses. The departure frequency variable also had an influence but
was not significant, with a probability of 47% for trains
and 53% for buses.
Kata Kunci : Pemilihan Moda Transportasi, Bus, Kereta Api, Stated Preference, Analisis Regresi Linier Berganda