The Adoption of Artificial Intelligence in Higher Education
Fidella Malva Zatadini, Prof. Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Penelitian ini mengeksplorasi dampak transformational Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) terhadap perguruan tinggi di sekolah bisnis terkemuka di Prancis. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana teknologi AI memengaruhi pengala belajar mahasiswa dan efektivitas pengajaran para pendidik. Sampel purposif terdiri dari tujuh mahasiswa dan enam profesor dipilih untuk memastikan beragam wawasan yang relevan. Wawancara semi-terstruktur dilakukan dengan fokus pada penggunaan alat AI oleh para peserta dan perspektif mereka tentang pengaruh AI di masa depan dalam pendidikan. Analisis mengungkapkan bahwa integrasi AI meningkatkan proses pengajaran dan pembelajaran, memberikan pengalaman yang dipersonalisasi serta meningkatkan efisiensi pedagogis. Namun, penelitian ini juga menyoroti tantangan dan masalah etika terkait penggunaan AI, yang menekan perlunya integrasi yang seimbang yang tetap mempertahankan unsur manusia dalam pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa meskipun AI memiliki potensi besar untuk mengubah pendidikan tinggi, diperlukan pedoman yang jelas dan kerangka regulasi untuk memastikan penggunaan yang bertanggung jawab dan efektif. Penelitian selanjutnya perlu diperluas untuk mencakup lebih banyak institusi dan penelitian longitudinal guna memahami dampak jangka panjang AI. Selain itu, pengembangan praktik terbaik untuk penggunaan AI yang etis dan privasi data dalam lingkungan pendidikan sangatlah penting. Dengan mengatasi tantangan ini, institusi pendidikan dapat memanfaatkan AI untuk meningkatkan pengalaman pendidikan, memastikan kurikulum yang terstruktur dengan baik, dan mahasiswa yang lebih siap untuk memenuhi kebutuhan masa depan.
The study explores the transformative impact of Artificial Intelligence (AI) on higher education at prominent business school in France. The primary objective is to understand how AI technologies affect students' learning experiences and educators' teaching effectiveness. A purposive sample of seven students and six professors was selected to ensure diverse and relevant insights. Semi-structured interviews were conducted focusing on the participants' use of AI tools and their perspectives on AI's future influence in education. The analysis revealed that AI integration enhances both teaching and learning processes, providing personalized experiences and improving pedagogical efficiency. However, the study also highlighted challenges and ethical concerns associated with AI use, underscoring the need for balanced integration that preserves human elements in education. The findings suggest that while AI holds significant promise for transforming higher education, it also necessitates clear guidelines and regulatory frameworks to ensure responsible and effective use. Future research should expand to include more institutions and longitudinal studies to understand AI's long-term impact. Additionally, developing best practices for ethical AI use and data privacy in educational settings is crucial. By addressing these challenges, educational institutions can leverage AI to enhance the educational experience, ensuring well-structured courses and better prepared students aligned with future needs.
Kata Kunci : Artificial Intelligence (AI), higher education, Artificial Intelligence in Education (AIED), personalized learning, ChatGPT