Laporkan Masalah

PERAN KOMUNITAS READ ALOUD JOGJA SEBAGAI UPAYA MELIBATKAN PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ANAK

Mohamad Hadi Pranoto, Dr. Subando Agus Margono, M.Si.

2024 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana peran Komunitas Read Aloud Jogja dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui kegiatan membaca nyaring yang dilakukan, serta sebagai upaya pemenuhan hak pendidikan kewarganegaraan dan ruang partisipasi anak. Komunitas Read Aloud Jogja merupakan gerakan yang digagas oleh sekelompok anak muda dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca anak, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini penting karena mengkaji bagaimana Komunitas Read Aloud Jogja memainkan peran signifikan dalam pendidikan informal yang tidak hanya bertujuan meningkatkan literasi, tetapi juga memfasilitasi anak-anak menjadi bagian dari warga negara yang aktif dan berkontribusi.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengeksplorasi peran Komunitas Read Aloud Jogja dalam dimensi kewarganegaraan dan upayanya dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung kegiatan komunitas, serta dokumentasi yang diperoleh dari media sosial komunitas tersebut. Triangulasi data dilakukan untuk memastikan validitas hasil penelitian.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas Read Aloud Jogja memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui kegiatan membaca nyaring yang melibatkan partisipasi aktif anak-anak. Selain meningkatkan keterampilan literasi, komunitas ini juga membantu membentuk anak-anak menjadi warga negara yang aktif dan bertanggung jawab. Ini membuktikan bahwa Komunitas Read Aloud Jogja dapat menjadi model pendidikan informal yang efektif, tidak hanya dalam aspek literasi tetapi juga dalam membangun pendidikan kewarganegaraan yang inklusif dan partisipatif.


This research aims to analyze the role of the Read Aloud Jogja Community in improving the quality of education through the read aloud activities carried out, as well as an effort to fulfill the right to civic education and space for children's participation. The Read Aloud Jogja Community is a movement initiated by a group of young people with the aim of increasing children's interest in reading, especially in the Special Region of Yogyakarta. This research is important because it examines how the Read Aloud Jogja Community plays a significant role in informal education that not only aims to improve literacy, but also facilitates children to become active and contributing citizens.


This research uses a qualitative approach with a case study method to explore the role of Komunitas Read Aloud Jogja in the citizenship dimension and its efforts in improving the quality of education. Data were collected through in-depth interviews, direct observation of community activities, and documentation obtained from the community's social media. Data triangulation was conducted to ensure the validity of the research results.


The results showed that the Read Aloud Jogja Community plays an important role in improving the quality of education through read aloud activities that involve the active participation of children. Apart from improving literacy skills, the community also helps shape children into active and responsible citizens. This proves that Komunitas Read Aloud Jogja can be an effective informal education model, not only in the literacy aspect but also in building inclusive and participatory citizenship education.


Kata Kunci : Read Aloud, Kewarganegaraan, Pendidikan Anak

  1. S2-2024-485207-abstract.pdf  
  2. S2-2024-485207-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-485207-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-485207-title.pdf