Formulasi Strategi PT Trinusa Sosialoka Indonesia
Christopora Yanni Kartika, Rocky Adiguna, SE., M.Sc., Ph.D.,
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Industri musik digital di Indonesia mengalami perkembangan signifikan dengan pertumbuhan pengguna layanan streaming musik selama beberapa tahun terakhir. PT Trinusa Sosialoka Indonesia adalah salah satu perusahaan agensi pemasaran digital yang bergerak dalam industri musik dan hiburan dengan unit bisnis agensi pemasaran digital dan agregator musik cover. Sebagai perusahaan rintisan yang didirikan pada tahun 2019, Sosialoka belum menurunkan visi dan misi yang dimiliki menjadi arahan dan strategi bagi anggota organisasinya. Berbagai faktor eksternal seperti regulasi, faktor sosial budaya, serta tekanan kompetitif dari persaingan di industri musik digital Indonesia mendorong Sosialoka untuk merumuskan strategi untuk menerjemahkan visi dan misi perusahaan ke dalam arahan konkret yang telah mempertimbangkan faktor eksternal dan internal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi kondisi lingkungan internal dan eksternal PT Trinusa Sosialoka Indonesia serta memberikan rumusan strategi yang sudah mempertimbangkan kondisi internal dan eksternal perusahaan
The digital music industry in Indonesia has experienced significant growth with the rise in music streaming services users over the past few years. PT Trinusa Sosialoka Indonesia is a digital marketing agency operating in the music and entertainment industry, with business units in digital marketing and cover music aggregator. As a startup founded in 2019, Sosialoka has yet to translate its vision and mission into actionable strategies for its members. External factors such as regulations, sociocultural factors, and competitive pressures in Indonesia's digital music industry drive Sosialoka to formulate strategies that translate its vision and mission into concrete directives, considering both external and internal factors. This research aims to identify the internal and external environment of PT Trinusa Sosialoka Indonesia and provide strategic recommendations that account for these conditions.
Kata Kunci : Formulasi strategi, analisis internal, analisis eksterrnal, analisis SWOT