Pergeseran Tempat Belajar Mahasiswa Generasi Z dari Perpustakaan ke Coworking Space di Universitas Gadjah Mada
Dwi Retno Syahfitri Harahap, Prof. Dr. Partini, SU.
2024 | Tesis | S2 Kajian Budaya dan Media
Penelitian ini menemukan bahwa adanya pergeseran terhadap pilihan tempat belajar dari perpustakaan ke ruang coworking space oleh mahasiswa generasi Z di Universitas Gadjah Mada yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi terhadap 10 informan dari program Sarjana dan Magister. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi mendalam terhadap sepuluh informan, mahasiswa S-1 dan S-2, yang mewakili gaya belajar dan kondisi ekonomi masing-masing fakultas. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa adanya pergeseran makna ruang belajar dikarenakan tiga kategori utama nilai yang mempengaruhi pemilihan tempat belajar mahasiswa adalah nilai ekonomi, nilai kenyamanan, dan nilai keberlanjutan sosial. Penelitian ini menemukan bahwa faktor ekonomi, seperti biaya yang murah, bersama dengan kenyamanan yang diberikan oleh fasilitas modern dan lingkungan yang mendukung interaksi sosial, menjadi daya tarik utama khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari FISIPOL, Sekolah Pascasarjana serta Ekonomika dan Bisnis. Selain itu, coworking space menawarkan interaksi sosial dan kesempatan belajar yang berkelanjutan, yang dianggap penting oleh mahasiswa Generasi Z. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengambil kebijakan universitas dan pengelola perpustakaan tentang cara merancang ruang belajar yang sesuai dengan kebutuhan sosial, ekonomi dan akademis mahasiswa. Penemuan-penemuan ini mendukung pembuatan kebijakan yang memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dengan memasukkan elemen coworking space yang ekonomis ke dalam lingkungan akademik .
This study found that there was a shift in the choice of learning places from the library to coworking spaces by Generation Z students at Gadjah Mada University which was influenced by several factors. Through a qualitative approach with in-depth interview and observation methods. This study collected data through interviews and observations of 10 informants from the Bachelor's and Master's programs. Data was collected through interviews and in-depth observations of ten informants, S-1 and S-2 students, who represented the learning styles and financial conditions of each faculty. The results showed that there was a shift in the meaning of learning spaces due to the three main categories of values that affected the choice of student learning places, namely economic value, comfort value, and social sustainability value. The study found that economic factors, such as low costs, along with the convenience provided by modern facilities and an environment that supports social interaction, are the main attraction especially for students from FISIPOL, Graduate Schools and Economics and Business. In addition, coworking spaces offer social interaction and ongoing learning opportunities, which are considered important by Generation Z students. These findings support policy-making that enriches the student learning experience by incorporating economical coworking space elements into the academic environment.
Kata Kunci : Transformation, Learning Place, Generation Z, Coworking Space