Optimalisasi layanan bedah anak di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan
Ni Made Rika Trismayanti, Prof. dr. Gunadi, Ph.D, Sp.BA, Subsp.D.A.(K); Dr. dr. Andreasta Meliala, Dipl.PH., M.Kes., MAS
2024 | Tesis | MAGISTER KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN
ABSTRAK
Latar Belakang: Layanan bedah anak merupakan komponen vital dalam
sistem perawatan kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas
hidup dan keselamatan pasien anak. Di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan
(RSUPP), peningkatan layanan bedah anak menjadi semakin penting seiring dengan
perkembangan teknologi medis yang diimbangi tersedianya tenaga kesehatan
memadai. Latar belakang jurnal ini mengeksplorasi urgensi peningkatan layanan
bedah anak melalui pengembangan infrastruktur, peningkatan kompetensi tenaga
medis, dan penerapan standar pelayanan yang lebih baik dengan hasil akhir
peningkatan kunjungan dan kepuasan pasien. Selain itu, penelitian ini juga
menyoroti tantangan yang dihadapi serta strategi yang efektif untuk mengatasi
hambatan dalam upaya optimalisasi layanan bedah anak di RSUPP.
Tujuan:
(1) Mendeskripsikan business process
pelayanan bedah anak di RSUPP, (2) Menjelaskan faktor-faktor yang berkaitan
dengan optimalisasi pelayanan bedah anak di RSUPP,
(3) Merumuskan konsep optimalisasi pelayanan bedah anak di RSUPP
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian
kualitatif dengan analisis deskriptif. Studi ini dilaksanakan dengan observasi
dan pengisian kuisioner oleh keluarga pasien bedah anak dan manajemen Rumah
Sakit terkait pelayanan bedah anak RSUPP. Studi ini dilakukan untuk menggali
lebih dalam mengenai faktor-faktor yang terkait layanan bedah anak di RSUPP.
Hasil: (1) Proses bisnis layanan bedah anak di RS
Persahabatan mencakup serangkaian langkah yang sistematis untuk memastikan
pasien anak menerima perawatan bedah yang aman dan efektif: penerimaan pasien,
konsultasi dan diagnostik, perencanaan dan persiapan operasi, pelaksanaan
operasi, paska operasi, follow-up dan rehabilitasi,
penyelesaian administrasi; (2) Rating kekuatan
bernilai rata-rata 4,49 yakni pasien menilai bahwa RS Persahabatan memiliki
banyak kekuatan yang telah diupayakan oleh pihak manajemen Rumah Sakit; Rating kelemahan bernilai rata-rata 3.55, yakni pasien
menilai bahwa RS Persahabatan memiliki sedikit kelemahan yang telah diupayakan
untuk diminimalkan oleh pihak manajemen Rumah Sakit; Rating peluang bernilai rata-rata 4.07, yakni pasien
menilai bahwa RS Persahabatan memiliki banyak peluang yang dapat diupayakan
oleh pihak manajemen Rumah Sakit; Rating
ancaman bernilai rata-rata 3.49, yakni pasien menilai bahwa RS Persahabatan
memiliki sedikit ancaman dan pihak manajemen Rumah Sakit telah mengupayakan
tindakan antisipatif sebelumnya. (3) Strategi yang paling tepat untuk RS Persahabatan adalah
strategi SO atau strategi agresif (0,475;0,299).
Kesimpulan dan saran: Faktor interna melalui
pengembangan infrastruktur, peningkatan kompetensi tenaga medis, dan penerapan
standar pelayanan yang lebih baik; faktor eksterna berupa pemanfaatan media
sosial sebagai media edukasi dan promosi, BPJS Kesehatan dan lokasi strategis
bermanfaat untuk optimalisasi layanan bedah anak di RSUPP.
The background of this journal explores the urgency of improving pediatric surgery services
through infrastructure development, increasing the competence of medical personnel, and
implementing better service standards with the end result of increased visits and patient
satisfaction. In addition, this study also highlights the challenges faced and effective strategies
to overcome obstacles in efforts to optimize pediatric surgery services at RS Persahabatan
(RSUPP). Objectives: (1) To explain the factors related to the optimization of pediatric surgery
services at RSUPP, (2) To formulate the concept of optimizing pediatric surgery services at
RSUPP. This study uses a qualitative research design with descriptive analysis. This study was
carried out by observation and filling out questionnaires by the families of pediatric surgery
patients and hospital management related to pediatric surgery services at RSUPP. Results: (1)
The average strength rating is 4.49; The average weakness rating is 3.55; The average
opportunity rating is 4.07; The average threat rating is 3.49. (2) The most appropriate strategy
for RSUPP is the SO strategy or aggressive strategy (0.475; 0.299)
Kata Kunci : Faktor interna, faktor eksterna, layanan bedah anak