Laporkan Masalah

Analisis Strategi Manajemen Perubahan Dalam Proses Digitalisasi PT XYZ

Cindy Aribahasna Khairunisa, Sari Sitalaksmi, M.Mgt., Ph.D.,

2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Pandemi mendorong banyak perusahaan mengalami perubahan, termasuk PT XYZ yang sedang menghadapi peralihan proses operasional ke arah digital. Kontribusi digitalisasi harus direncanakan dengan mempertimbangkan kebutuhan perusahaan untuk melakukan strategi tersebut. Meskipun PT XYZ telah mengembangkan teknologi untuk operasional perusahaan, namun perusahaan belum mendapatkan manfaat signifikan dari penggunaannya. Perusahaan membutuhkan manajemen perubahan untuk mengelola digitalisasi yang sedang dijalankan.

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesiapan berubah di PT XYZ dan manajemen perubahan yang tepat untuk membantu penerapan strategi digitalisasi di PT XYZ. Dilakukan dua analisis menggunakan kesiapan berubah Kinicki dan manajemen perubahan ADKAR. Penelitian ini juga bertujuan menyusun lini waktu dan peta jalan digitalisasi yang mengacu pada hasil penilaian. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam bersama empat Manajer.

 Hasil wawancara menunjukkan PT XYZ sudah siap menghadapi perubahan, terlihat dari matangnya kebutuhan dan manajemen mendukung penuh strategi digitalisasi. Divisi IT mempunyai sikap menjadi penggerak dalam digitalisasi yang dijalankan. Penilaian pada manajemen perubahan menunjukkan PT XYZ memiliki beberapa hambatan. Hambatan utama terletak di elemen ke 3 dari ADKAR, yaitu pengetahuan. Kurangnya akses informasi menyebabkan kesulitan bagi karyawan untuk berinovasi dalam strategi digitalisasi yang sedang dilakukan. Hal ini berdampak pada elemen yang lain, yaitu kemampuan dan dukungan perusahaan.

 


The pandemic has driven many companies to undergo changes, including PT XYZ, which is currently transitioning its operational processes towards digitalization. The contribution of digitalization must be planned while considering the company's needs to implement such a strategy. Although PT XYZ has developed technology for its operations, it has not yet realized significant benefits from its use. The company requires change management to oversee the ongoing digitalization.

This research aims to assess readiness for change at PT XYZ and the appropriate change management to facilitate the implementation of digitalization strategy. Two analyses were conducted using Kinicki's readiness for change and ADKAR change management models. The study also aims to develop a timeline and digitalization roadmap based on the assessment results. The research design utilizes a descriptive qualitative approach. Primary data collection methods include in-depth interviews with four Managers.

The interview results indicate that PT XYZ is ready for change, evidenced by matured needs and full management support for the digitalization strategy. The IT division plays a pivotal role as a driver in the ongoing digitalization efforts. Assessment of the change management reveals several obstacles at PT XYZ. The main hurdle lies in the third element of ADKAR, which is knowledge. Lack of access to information hinders employees' ability to innovate within the digitalization strategy, impacting other elements such as capability and company support.

Kata Kunci : Digitalisasi, Kesiapan Berubah, Manajemen Perubahan, ADKAR, Peta Jalan

  1. S2-2024-499763-abstract.pdf  
  2. S2-2024-499763-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-499763-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-499763-title.pdf