Analisis Strategi Manajemen Perubahan Dalam Proses Digitalisasi PT XYZ
Cindy Aribahasna Khairunisa, Sari Sitalaksmi, M.Mgt., Ph.D.,
2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Pandemi
mendorong banyak perusahaan mengalami perubahan, termasuk PT XYZ yang sedang
menghadapi peralihan proses operasional ke arah digital. Kontribusi
digitalisasi harus direncanakan dengan mempertimbangkan kebutuhan perusahaan
untuk melakukan strategi tersebut. Meskipun PT XYZ telah mengembangkan
teknologi untuk operasional perusahaan, namun perusahaan belum mendapatkan
manfaat signifikan dari penggunaannya. Perusahaan membutuhkan manajemen
perubahan untuk mengelola digitalisasi yang sedang dijalankan.
Penelitian
ini bertujuan untuk menilai kesiapan berubah di PT XYZ dan manajemen perubahan
yang tepat untuk membantu penerapan strategi digitalisasi di PT XYZ. Dilakukan
dua analisis menggunakan kesiapan berubah Kinicki dan manajemen perubahan
ADKAR. Penelitian ini juga bertujuan menyusun lini waktu dan peta jalan
digitalisasi yang mengacu pada hasil penilaian. Desain penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data primer melalui
wawancara mendalam bersama empat Manajer.
Hasil wawancara menunjukkan PT XYZ sudah siap
menghadapi perubahan, terlihat dari matangnya kebutuhan dan manajemen mendukung
penuh strategi digitalisasi. Divisi IT mempunyai sikap menjadi penggerak dalam
digitalisasi yang dijalankan. Penilaian pada manajemen perubahan menunjukkan PT
XYZ memiliki beberapa hambatan. Hambatan utama terletak di elemen ke 3 dari
ADKAR, yaitu pengetahuan. Kurangnya akses informasi menyebabkan kesulitan bagi
karyawan untuk berinovasi dalam strategi digitalisasi yang sedang dilakukan.
Hal ini berdampak pada elemen yang lain, yaitu kemampuan dan dukungan
perusahaan.
The
pandemic has driven many companies to undergo changes, including PT XYZ, which
is currently transitioning its operational processes towards digitalization.
The contribution of digitalization must be planned while considering the
company's needs to implement such a strategy. Although PT XYZ has developed
technology for its operations, it has not yet realized significant benefits
from its use. The company requires change management to oversee the ongoing
digitalization.
This
research aims to assess readiness for change at PT XYZ and the appropriate
change management to facilitate the implementation of digitalization strategy.
Two analyses were conducted using Kinicki's readiness for change and ADKAR
change management models. The study also aims to develop a timeline and
digitalization roadmap based on the assessment results. The research design
utilizes a descriptive qualitative approach. Primary data collection methods
include in-depth interviews with four Managers.
The interview results indicate that PT XYZ is ready for change, evidenced by matured needs and full management support for the digitalization strategy. The IT division plays a pivotal role as a driver in the ongoing digitalization efforts. Assessment of the change management reveals several obstacles at PT XYZ. The main hurdle lies in the third element of ADKAR, which is knowledge. Lack of access to information hinders employees' ability to innovate within the digitalization strategy, impacting other elements such as capability and company support.
Kata Kunci : Digitalisasi, Kesiapan Berubah, Manajemen Perubahan, ADKAR, Peta Jalan