Pengaruh Green Marketing Mix dan Kesadaran Lingkungan terhadap Keputusan Pembelian Oat Milk di Daerah Istimewa Yogyakarta
Vena Bianda Aurellia, Prof. Dr. Ir. Masyhuri ; Ir. Any Suryantini, M.M., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Magister Manj.Agribisnis
Masalah lingkungan telah mendorong perubahan
pola hidup masyarakat yang semakin peduli terhadap aspek lingkungan, terutama
dalam hal pembelian produk. Masyarakat menjadi lebih selektif dalam memilih
produk, khususnya produk pangan. Salah satu produk pangan yang sering
dikonsumsi adalah susu. Namun, produksi susu sapi di Indonesia belum mampu
memenuhi kebutuhan dalam negeri, sehingga diperlukan alternatif seperti susu
nabati, misalnya oat milk. Oat milk dianggap lebih ramah lingkungan karena
menghasilkan lebih sedikit emisi karbon, membuatnya lebih aman bagi lingkungan.
Selain itu, oat milk juga merupakan pilihan alternatif bagi mereka yang alergi
terhadap laktosa. Konsep pemasaran terbaru, yaitu green marketing yang
juga berfokus pada lingkungan, memodifikasi bauran pemasaran 4P menjadi green
marketing mix yang akan memengaruhi keputusan pembelian. Kesadaran
lingkungan dan sikap konsumen juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh green marketing
mix dan kesadaran lingkungan terhadap keputusan pembelian secara langsung
ataupun di mediasi oleh consumers’ attitude. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik analisis yang digunakan adalah
SEM-PLS dengan menggunakan 215 responden. Penentuan sampel menggunakan purposive
sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rule of thumb dari
SEM. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuisioner yang
disebarkan secara online melalui Google Forms. Hasil penelitian
ini menemukan bahwa green marketing mix memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap sikap konsumen, dengan variabel yang paling berpengaruh
adalah harga hijau (green price) dan promosi hijau (green promotion).
Green marketing mix juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian, kecuali untuk green promotion yang memiliki dampak
negatif terhadap keputusan pembelian. Dampak negatif ini mungkin disebabkan
oleh skeptisisme dan kekhawatiran terhadap praktik greenwashing.
Kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen
dan keputusan pembelian. Sikap konsumen juga memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebagai variabel mediasi, sikap
konsumen hanya dapat memediasi efek dari harga hijau, promosi hijau, dan
kesadaran lingkungan.
Environmental issues have led to changes
in people's lifestyles, making them more environmentally conscious, especially
when purchasing products, including choosing which products to consume,
particularly food products. One of the most frequently consumed food products
is milk. However, cow's milk production in Indonesia is not sufficient to meet
domestic demand, creating a need for alternatives such as plant-based milk like
oat milk. Oat milk is considered more environmentally friendly because it
produces lower carbon emissions, making it safer for the environment.
Additionally, oat milk serves as a viable alternative for people who are
lactose intolerant. A recent marketing concept, green marketing, which also
focuses on environmental concerns, modifies the traditional 4Ps marketing mix
into a green marketing mix that influences purchase decisions. Environmental
awareness and consumer attitudes also affect purchasing decisions. This study
aims to examine the influence of the green marketing mix and environmental
awareness on purchasing decisions, both directly and as mediated by consumers'
attitudes. This research is a descriptive quantitative study. The analytical
technique used is SEM-PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least
Squares) with 215 respondents. The sample was determined using purposive
sampling with the sample size based on the rule of thumb for SEM. Data
collection was conducted using an online questionnaire distributed through
Google Forms. The study found that the green marketing mix has a positive and
significant effect on consumers' attitudes, with green price and green
promotion being the most influential variables. The green marketing mix also
positively and significantly affects purchasing decisions, except for green
promotion, which has a negative impact on purchase decisions. This negative
effect may be due to skepticism and concerns about greenwashing. Environmental
awareness positively and significantly influences both consumers' attitudes and
purchasing decisions. Consumers' attitudes also have a positive and significant
impact on purchasing decisions. As a mediating variable, consumers' attitudes
can only mediate the effects of green price, green promotion, and environmental
awareness.
Kata Kunci : Green Marketing Mix, Kesadaran Lingkungan, Consumers' Attitude, Keputusan Pembelian