Laporkan Masalah

Peran Coparenting terhadap Kompetensi Sosial Anak Usia Dini

Salsabila Salwa, Dr. Arum Febriani S.Psi., M.A.

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Usia dini adalah masa emas yang menjadi kunci keberhasilan perkembangan sosioemosional anak. Namun, penelitian terdahulu menunjukkan bahwa capaian perkembangan sosioemosional anak di Indonesia masih menunjukkan beberapa permasalahan,, yang jika tidak diperhatikan, akan menjadi masalah pada perkembangan anak selanjutnya. Faktor pengasuhan orang tua, termasuk coparenting, memainkan peran penting dalam perkembangan anak usia dini. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran coparenting terhadap kompetensi sosial anak usia dini. Coparenting dalam penelitian ini dilihat berdasarkan persepsi ibu. Data dikumpulkan dengan menggunakan Coparenting Relationship Scale (CRS) dan Social Competence Scale - Parent Version (SCS-PV), dengan partisipan 118 ibu yang memiliki anak berusia 4-6 tahun. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa coparenting dapat berperan positif terhadap kompetensi sosial anak usia dini dengan sumbangan efektif sebesar 12%. Implikasi dari penelitian ini adalah memperkaya literatur terkait faktor kompetensi sosial anak, yaitu coparenting. Harapannya, orang tua dapat membangun hubungan coparenting yang baik sehingga dapat berpengaruh positif terhadap kompetensi sosial anak.

Early childhood is a golden age that is the key to the success of children's socio-emotional development. However, previous studies have shown that the achievement of children's socio-emotional development in Indonesia still shows several problems, which if not considered, will become a problem for children's further development. Parenting factors, including coparenting, play an important role in early childhood development. Therefore, this study was conducted to determine the role of coparenting on the social competence of early childhood. Coparenting in this study was seen based on the mother's perception. Data were collected using the Coparenting Relationship Scale (CRS) and the Social Competence Scale - Parent Version (SCS-PV), with 118 mothers who had children aged 4-6 years participating. The results of a simple linear regression analysis showed that coparenting can play a positive role in the social competence of early childhood with an effective contribution of 12%. The implication of this study is to enrich the literature related to children's social competence factors, namely coparenting. It is hoped that parents can build a good coparenting relationship so that it can have a positive effect on children's social competence.

Kata Kunci : kompetensi sosial, pengasuhan bersama, anak usia dini

  1. S1-2024-442919-abstract.pdf  
  2. S1-2024-442919-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-442919-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-442919-title.pdf