Laporkan Masalah

PENGARUH PENGALAMAN DAN TURNOVER KARYAWAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN MELALUI KINERJA PERUSAHAAN: STUDI KASUS BANK XYZ

Puspita Ramadhania, Prof. Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D.

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Era globalisasi telah memicu persaingan bisnis yang kian sengit, menghadirkan pertarungan sengit antar perusahaan. Hal ini mendorong perusahaan untuk meningkatkan daya saing agar mampu bertahan dan berkembang di tengah gempuran pesaing baru. Kemampuan beradaptasi dan strategi yang tepat menjadi kunci utama bagi perusahaan untuk mencapai pertumbuhan optimal dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen pengalaman karyawan dan turnover sebagai strategi keunggulan bersaing SDM yang efektif pada Bank XYZ secara berkelanjutan. Metode yang dilakukan adalah dengan pendekatan kualitatif melalui Wawancara dan analisis terhadap praktik dan kebijakan SDM Bank XYZ menggunakan faktor pengalaman karyawan, turnover dan kinerja perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa implementasi dan kebijakan manajemen SDM Bank XYZ untuk meningkatkan pengalaman karyawan dan menjaga tingkat turnover karyawan dalam upaya menghasilkan SDM yang kompeten sudah optimal berdampak pada kinerja. Pengalaman karyawan yang positif penting untuk meningkatkan keterlibatan, komitmen, produktivitas, dan retensi karyawan. Selain itu Bank XYZ memprioritaskan peningkatan benefit, dan komunikasi untuk menciptakan pengalaman karyawan yang baik. Kemampuan dan pengetahuan karyawan, serta pengorganisasian yang mempertimbangkan pengalaman karyawan, penting untuk pengembangan keunggulan bersaing perusahaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Bank XYZ telah menerapkan strategi SDM yang efektif untuk meningkatkan pengalaman karyawan dan menjaga tingkat turnover, yang berkontribusi pada kinerja perusahaan dan keunggulan bersaingnya.

The era of globalization has triggered increasingly fierce business competition, presenting fierce battles between companies. This encourages companies to increase their competitiveness so they can survive and develop amidst the onslaught of new competitors. Adaptability and the right strategy are the main keys for companies to achieve optimal growth in the long term. This research aims to analyze elements of employee experience and turnover as an effective HR competitive advantage strategy at Bank XYZ on a sustainable basis. The method used is a qualitative approach through interviews and analysis of Bank XYZ's HR practices and policies using employee experience, turnover and company performance factors. This research found that the implementation and HR management policies of Bank Positive employee experiences are important for increasing employee engagement, commitment, productivity and retention. Apart from that, Bank XYZ prioritizes increasing benefits and communication to create a good employee experience. Employee abilities and knowledge, as well as organization that takes into account employee experience, are important for developing a company's competitive advantage. So it can be concluded that Bank XYZ has implemented an effective HR strategy to improve employee experience and maintain turnover rates, which contribute to the company's performance and competitive advantage.

Kata Kunci : Balanced Scorecard, Kinerja Perusahaan, Manajemen Strategik, Manajemen SDM, Pengalaman Karyawan, Turnover Karyawan

  1. S2-2024-471001-abstract.pdf  
  2. S2-2024-471001-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-471001-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-471001-title.pdf