ANALISIS WAKTU TUNGGU LAYANAN PASIEN DENGAN PENDEKATAN LEAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD dr. R. SOETRASNO KABUPATEN REMBANG
Intaningtyas Subawati, Dr. Irwan Endrayanto Aluicius, S.Si., M. Sc.
2024 | Tesis | MAGISTER KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN
Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. R. Soetrasno
Rembang beroperasi 24 jam sehari, selama 7 hari seminggu, bertujuan memberikan
pelayanan kegawatdaruratan untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan
pada pasien. Namun, waktu tunggu layanan IGD masih menjadi masalah yang
dikeluhkan oleh pasien. Data Tim Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien tahun
2023 menunjukkan prosentase capaian waktu tunggu layanan IGD belum sesuai
target yang ditetapkan (90%), yaitu triwulan I : 66,75%, triwulan II :
68,11% dan triwulan III : 59,07%.
Penelitian ini menggunakan mixed method dengan pendekatan sequential
explanatory. Tahap pertama menggunakan pendekatan kuantitatif, dilanjutkan
pendekatan kualitatif melalui wawancara Focus Group Discussion.
Selanjutnya, dilakukan implementasi manajemen lean. Sampel penelitian pre
dan post implementasi manajemen lean sejumlah 162 pasien. Uji
T-test dilakukan untuk mengetahui perbedaan lama waktu tunggu sebelum dan
sesudah pelaksanaan lean .
Hasil penelitian menunjukkan tiga penyebab utama yang memperpanjang waktu
tunggu pasien di IGD, yaitu waktu tunggu ruang rawat inap, waktu tunggu
pemeriksaan radiologi, dan pemeriksaan laboratorium. Penerapan manajemen lean
dapat mengurangi keseluruhan waktu tunggu layanan pasien. Perbaikan tertinggi
terjadi pada waktu tunggu pemeriksaan radiologi (membaik 35 menit 02 detik).
Dampak manajemen lean terhadap perbaikan waktu tunggu layanan pasien IGD
post implementasi, ditandai dengan pemendekan lead time pada
seluruh sub proses serta peningkatan efisiensi yang ditunjukkan dengan kenaikan
value added ratio pada sub proses 1 dan sub proses 2.
Penerapan manajemen lean secara
signifikan terbukti dapat mengurangi lamanya waktu tunggu pasien di IGD RSUD
dr. R. Soetrasno Rembang melalui tahapan alur layanan pasien di IGD dengan
nilai sig 2 tailed = 0,03 ( p value <0>lean, perlu dilakukan
secara bertahap dan berkesinambungan oleh seluruh stakeholder yang
terlibat dalam layanan pasien IGD .
The Emergency Department of RSUD dr. R. Soetrasno Rembang operates 24
hours a day, 7 days a week, aiming to provide emergency services to save lives
and prevent disability in patients. However, the waiting time for emergency
services remains an issue frequently complained about by patients. Data from
the Patient Quality and Safety Improvement Team in 2023 shows that the
percentage of emergency service waiting time achievements has not met the set
targets, namely Q1: 66.75%, Q2: 68.11%, and Q3: 59.07%.
This study employs a mixed-methods approach with a sequential explanatory
design. The first phase uses a quantitative approach, followed by a qualitative
approach through Focus Group Discussion (FGD) interviews. Subsequently, lean
management implementation was carried out. The research sample for pre- and
post-lean management implementation consisted of 162 patients. A T-test was conducted to
determine the difference in the length of stay before and after the
implementation of lean.
The study results indicate three main causes that prolong patient length
of stay in the emergency department: waiting time for inpatient rooms, waiting
time for radiology examinations, and laboratory examinations. The
implementation of lean management can reduce the overall patient service
waiting time. The most significant improvement was observed in the waiting time
for radiology examinations. The impact of lean management on improving patient
service waiting times post-implementation is marked by the shortening of lead
times in all sub-processes and increased efficiency, indicated by the rise in
the value-added ratio in sub-process 1 and sub-process 2
The implementation of lean management has proven significantly to reduce
the length of patient length of stay in the emergency department of RSUD dr. R.
Soetrasno Rembang with sig 2 tailed = 0,03 ( p value < 0>. The increase in efficiency as a
result of lean management implementation needs to be carried out gradually and
continuously by all stakeholders involved in emergency patient services.
Kata Kunci : waktu tunggu, IGD, implementasi lean