Perancangan Proposisi Nilai Dan Pengembangan Model Bisnis PT. Teknologi Abadi Sejahtera Dalam Meningkatkan Layanan Di Industri Digital
Yasser Farishi Nazili, Rocky Adiguna, SE., M.Sc., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
PT. Teknologi Abadi Sejahtera (Mineski Indonesia) merupakan
perusahaan digital yang fokus pada industri games dan hiburan, khususnya
esports. Mineski Indonesia merupakan anak usaha dari Mineski Global yang
bisnisnya berfokus pada esports event management.
Namun segmentasi pelanggan Mineski Indonesia sampai dengan
saat ini didominasi oleh Intelectual Property Owners atau Game Developers. Yang
dimana Mineski Indonesia hanya menyediakan jasa produksi event kepada pihak
tersebut. Hal ini menyebabkan pengimplementasian Business to Consumer atau B2C
tidak terlaksanakan atau belum optimal. Oleh karena itu penulis ingin
mengetahui lebih dalam terkait dengan kebutuhan apa yang di inginkan dari
konsumen potensial yang merupakan penikmat event yang di produksi oleh Mineski
Indonesia itu sendiri dan model bisnis yang digunakan saat ini yang di peroleh
dari tim-tim internal terkait.
Untuk analisa kebutuhan konsumen potensial dihasilkan dari
teori Value Proposition Canvas yang sekiranya dapat menjawab apa-apa saja yang
dibutuhkan oleh penikmat event yang Mineski Indonesia selengarakan dan analisa
model bisnis dihasilkan dari teori Business Model Canvas. Kedua dari teori
tersebut adalah sebagai penunjang dan/atau yang sekiranya menentukan model
bisnis apa yang tepat dan dapat di implementasikan oleh Mineski Indonesia
sesuai dengan teori Business Model Pattern, yang diantaranya adalah pola
Unbundling, pola Long Tail Business, pola Multi-Sided, pola Free as a Business
Model (Freemium) & pola Open Business Model.
PT. Teknologi Abadi Sejahtera (Mineski Indonesia) is a
digital company focused on the gaming and entertainment industries,
particularly esports. Mineski Indonesia is a subsidiary of Mineski Global,
specializing in esports event management. However, Mineski Indonesia's customer
segmentation currently consists primarily of Intellectual Property Owners or
Game Developers. Mineski Indonesia provides event production services
exclusively to these parties. This has hindered the implementation of Business
to Consumer (B2C) strategies, which have not been fully optimized. Therefore,
the author seeks deeper insights into the needs of potential consumers who
enjoy events produced by Mineski Indonesia and the current business model
obtained from relevant internal teams.
To analyze the needs of potential consumers, the Value
Proposition Canvas theory is employed to identify what event attendees of
Mineski Indonesia require. Similarly, the Business Model Canvas theory is used
to analyze the business model currently in use. Both theories serve as
supportive frameworks to determine the appropriate business model that Mineski
Indonesia can implement, aligning with Business Model Pattern theories such as
Unbundling, Long Tail Business, Multi-Sided, Freemium, and Open Business Model.
Kata Kunci : Value Proposition Canvas, Business Model Canvas, Business Model Pattern, B2B,B2C, Esports, Anak Perusahaan, Induk Perusahaan.