Laporkan Masalah

Formulasi Visi, Misi, dan Sasaran Strategis Studio Delapan (Peterdraw)

Deiandra Jasmine Audrea, Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M.,

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Pernyataan misi dan visi merupakan salah satu aspek penting untuk sebuah organisasi. Misi dan visi berperan sebagai pondasi sebuah perusahaan agar dapat berdiri menghadapi perubahan dalam lingkungan, dan sebagai arah untuk mencapai tujuan dari organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan formulasi misi, visi, dan sasaran strategis dari Studio Delapan (Peterdraw) untuk berkembang pada jangka waktu 10 tahun kedepan.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian naratif deskriptif untuk memformulasikan misi, visi, dan sasaran strategis perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan data primer dari hasil focus group discussion bersama dengan pemangku kepentingan dari Studio Delapan (Peterdraw). Data sekunder didapatkan dari dokumen internal perusahaan serta artikel yang berhubungan dengan penelitian. Data yang didapatkan kemudian digunakan untuk analisis komponen pembentuk misi dan visi menggunakan kerangka kerja gabungan Ashridge Mission Model (Campbell & Yeung, 1991) dan The Vision Framework (Collins & Porras, 2011).

Perumusan misi, visi, dan sasaran strategis Studio Delapan (Peterdraw) dilakukan berdasarkan tahapan proses perumusan oleh (Srinivasan, 2014). Setelah dilakukannya pengelompokkan komponen misi dan visi, dilakukan formulasi sasaran strategis, program, dan target dari Studio Delapan (Peterdraw). Hasil dari penelitian ini adalah pernyataan misi, visi, dan sasaran strategis dari Studio Delapan (Peterdraw) untuk 10 tahun kedepan.

Mission and vision statement are one of the key aspects of an organization. Mission and vision statements serves as a foundation for the company to stand firm amidst changes in the environment, and serve as a direction to achieve the organization’s goals. This research aims to formulate mission and vision statement, and strategic objectives of Studio Delapan (Peterdraw) for the firm development over the next five years.

This research use qualitative methods, specifically descriptive narrative to formulate the company’s mission and vision statement and strategic objectives. For this research, primary data were collected from focus group discussion with several stakeholders from Studio Delapan (Peterdraw). Secondary data were obtained from the company’s internal documents and articles that is related to the research. The collected data were then used to analyze the components of mission and vision statement using the combined framework Ashridge Mission Model (Campbell & Yeung, 1991) and The Vision Framework (Collins & Porras, 2011).

The formulation of the mission, vision, and strategic objectives of Studio Delapan (Peterdraw) was conducted based on the stages of the formulation process by Srinivasan (2014). After grouping the components of the mission and vision, the formulation of strategic objectives, programs, and targets for Studio Delapan (Peterdraw) was carried out. The result of this research is the mission statement, vision statement, and strategic objectives of Studio Delapan (Peterdraw) for the next five years.

Kata Kunci : Formulasi Misi dan Visi, Sasaran Strategis, Program, Target

  1. S2-2024-509544-abstract.pdf  
  2. S2-2024-509544-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-509544-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-509544-title.pdf