Laporkan Masalah

Pariwisata Festival Musik Pop Dari Perspektif Generasi Milenial (Contoh Kasus : We The Fest)

Gusti Bagus Syahrani, Prof. Dr. M Baiquni, MA.; Dr. Ir. Djoko Wijono, M.Arch.

2024 | Tesis | S2 Magister Kajian Pariwisata

Festival musik memiliki peran penting dalam perkembangan industri hiburan dan pariwisata. Kondisi ini semakin meningkat pada pasca pandemi yang mengakibatkan festival musik menjadi pilihan populer bagi wisatawan untuk mencari hiburan, utamanya pada Generasi Milenial. Meskipun demikian, kajian ilmiah mengenai festival musik di Indonesia masih sangat terbatas, sementara pemahaman motivasi dan partisipasi dalam festival musik menjadi hal yang krusial untuk dikaji. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pandangan Generasi Milenial terkait motivasi dan pengalaman mereka dalam menghadiri festival musik pop, khususnya acara Festival We The Fest. Data diperoleh secara kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara mendalam terhadap sejumlah pengunjung pada festival We The Fest. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi utama Generasi Milenial dalam menghadiri festival dipengaruhi oleh faktor pendorong dan faktor penarik. Faktor pendorong meliputi sosialisasi, pelarian dari rutinitas sehari-hari, kebaruan acara, dan pengalaman sebelumnya. Sementara faktor penarik mencakup line up dan musik, aktivitas hiburan tambahan, reputasi promotor, dan reputasi festival itu sendiri. Temuan lapangan juga memperlihatkan bahwa Generasi Milenial melihat festival musik sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, menikmati musik secara langsung, dan mencari inspirasi baru.

Music festivals play an important role in the development of the entertainment and tourism industry. This condition has increased in the post-pandemic period, which has resulted in music festivals becoming a popular choice for tourists to find entertainment, especially for the millennial generation. However, scientific studies on music festivals in Indonesia are still very limited, while understanding the motivation and participation in music festivals is crucial to study. Therefore, this research aims to provide a clearer picture of the Millennial Generation's views regarding their reasons and experiences in attending pop music festivals, particularly We The Fest Festival events. Data was obtained qualitatively using in-depth interview techniques with a number of visitors to the We The Fest festival. 

The results showed that the main motivation of millennials in attending festivals is influenced by push and pull factors. Push factors include socialization, escape from daily routine, novelty of the event, and previous experience. While pull factors include the music and line up, additional entertainment activities, the reputation of the promoter, and the reputation of the festival itself. The field findings also show that millennials see music festivals as a platform to express themselves, enjoy live music, and seek new inspiration.

Kata Kunci : festival musik, generasi milenial, motivasi, pengalaman festival

  1. S2-2024-499883-abstract.pdf  
  2. S2-2024-499883-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-499883-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-499883-title.pdf