Pengaruh Warning Labels Style Dalam Berbagai Warna Kemasan Mainan Anak Terhadap Atensi Visual Dan Risk Perception
WINDURO RIDHO GUTOMO, Ir. Ardiyanto, S. T., M.Sc., Ph.D., AEP., IPM.
2024 | Skripsi | TEKNIK INDUSTRI
Warning
labels menjadi
salah satu komponen yang penting untuk
diperhatikan oleh konsumen
untuk mencegah risiko akibat dari kemungkinan
bahaya yang ada pada suatu produk. Adanya
risiko yang dimiliki
suatu produk, maka perlu adanya
warning labels yang mudah dilihat
oleh konsumen. Pada saat ini, belum ada penelitian
terkait warning labels pada
kemasan mainan anak. Oleh
karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
atensi visual antara komponen warning labels dengan komponen lain, pengaruh
warning label styles pada
berbagai jenis warna kemasan terhadap atensi
visual dan risk perception.
Pada
penelitian ini melibatkan 45 responden
dengan jenjang pendidikan terakhir SMA hingga S3 dan
rentang usia 18-50 tahun,
serta mayoritas responden yang terlibat dari penelitian
ini merupakan orang tua yang memiliki anak usia 3 bulan hingga
9 tahun. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yakni eye
tracking untuk mengetahui
pengaruh dari warning label styles terhadap
atensi visual dan kuesioner likert scale
skala 1-6 untuk mengetahui tingkat risk
perception dari tiap warning
label styles. Objek
penelitian ini berupa kemasan mainan yang terdiri dari 3
jenis kemasan, yakni kemasan terang,
kemasan colorful dan kemasan gelap. Masing-masing
kemasan tersebut memiliki 3 jenis warning
label styles, yakni
warning label styles 1,2,
dan 3.
Berdasarkan
hasil analisis, atensi visual yang ditinjau
melalui parameter time to first view dan dwell time, responden
cenderung melihat ke beberapa komponen AOI lain dibandingkan dengan komponen
AOI warning labels. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata
atensi visual parameter time to first view, rata-rata
responden melihat komponen warning labels pada
detik ke 4,949
± 0,363 dengan rata-rata durasi atensi selama 0,851 ± 0,083 detik. Selain itu,
faktor style dari warning label pada kemasan gelap memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap
time to first view.
Warning label styles 3 cenderung lebih cepat dilihat. Pada
kemasan terang dan kemasan colorful, ketiga warning
labels styles tidak
memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap atensi visual time to first view. Selain
itu, juga tidak ditemukan perbedaan yang signifikan antara
ketiga warning labels style pada
ketiga jenis kemasan terhadap atensi visual dwell time. Pada hasil
risk perception menunjukkan
bahwa ketiga warning labels tidak
menyebabkan perbedaan yang berarti dalam cara seseorang menilai risiko.
Warning
labels are one of the important components that consumers need to pay attention
to in order to prevent risks due to potential hazards in a product. Given the
risks that a product has, there needs to be warning labels that are easy for
consumers to see. Currently, there has been no research related to warning
labels on children's toy packaging. Therefore, this study was conducted to
determine the visual attention between warning labels components and other
components, the effect of warning label styles on various types of packaging
colors on visual attention and risk perception.
This
study involved 45 respondents with the last level of education from high school
to doctoral and an age range of 18-50 years, and the majority of respondents
involved in this study were parents who had children aged 3 months to 9 years.
This study uses the eye tracking method to determine the effect of warning
label styles on visual attention and a Likert scale questionnaire on a scale of
1-6 to determine the level of risk perception of each warning label style. The
object of this study is toy packaging consisting of 3 types of packaging,
namely bright packaging, colorful packaging and dark packaging. Each of these
packages has 3 types of warning label styles, namely warning label styles 1, 2,
and 3.
Based on the results of the analysis, visual attention reviewed through the time to first view and dwell time parameters, respondents tend to look at several other AOI components compared to the AOI warning labels component. This is shown in the average results of the visual attention parameter time to first view, on average respondents see the warning labels component at 4.949 ± 0.363 seconds with an average attention duration of 0.851 ± 0.083 seconds. In addition, the style factor of the warning label on dark packaging has a significant effect on time to first view. Warning label styles 3 tends to be seen faster. On light packaging and colorful packaging, the three warning labels styles do not have a significant effect on visual attention time to first view. In addition, no significant differences were found between the three warning labels styles on the three types of packaging on visual attention dwell time. The results of risk perception show that the three warning labels do not cause significant differences in the way a person assesses risk.Keywords: warning labels, toys, warning label style, toy packaging color types, and risk perception.
Kata Kunci : Kata kunci: warning labels, mainan, warning labels style, jenis warna kemasan mainan, dan risk perception.