Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung Kebun Binatang Solo Safari
GRACYLIA POLAREAE TRISNA KUSUMA, Prof. Ir. Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng.
2024 | Skripsi | ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan fasilitas wisata terhadap kepuasan pengunjung kebun binatang Solo Safari. Penelitian ini menggunakan metode survei melalui kuesioner. Kriteria responden adalah minimal berusia 17 tahun dan pernah mengunjungi Solo Safari setidaknya satu kali dalam 6 bulan terakhir. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan metode snowball kepada 155 responden. Analisis data dilakukan dengan bantuan Ms. Excel dan IBM SPSS Statistics 25 meliputi analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung (P>0,01). Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung (P<0 xss=removed>
This study aims to determine the influence of price, service quality, and tourism facilities on the satisfaction of visitors to Solo Safari Zoo. This study uses the survey method through questionnaire. The respondents' criteria are to be at least 17 years old and have visited Solo Safari at least once in the last 6 months. The distribution of questionnaires were carried out by the snowball method of 155 respondents. Data analysis were carried out with the help of Ms. Excel and IBM SPSS Statistics 25 including descriptive statistical analysis and hypothesis testing using multiple linear analysis. The results showed that price had a negative and insignificant effect on visitor satisfaction (P>0.01). Service quality has a positive and significant effect on visitor satisfaction (P<0 xss=removed>
Kata Kunci : Harga, Fasilitas wisata, Kepuasan pengunjung, Kualitas pelayanan