Relasi Kuasa dan Performans Demonstrasi Buruh di Daerah Istimewa Yogyakarta
Prashasti Wilujeng Putri, Dr. Gabriel Roosmargo Lono Lastoro Simatupang, M.A.
2024 | Tesis | S2 Kajian Budaya dan Media
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
aspek-aspek demonstrasi, dan menginterpretasi atas keseluruhan proses
demonstrasi dalam kaitannya dengan imajinasi mengenai "peristiwa
massa" sebagai "performans", serta memahami demonstrasi sebagai
sebuah bentuk performans dalam rangka aktivisme sosial-politik untuk menandingi
otoritas kekuasaan. Konsep demonstrasi sebagai performans dan restored behaviour
dalam performans oleh Schechner, performans radikal oleh Kershaw, konsep
antistruktur oleh Turner, dan konsep Iterability dan performatif oleh
Derrida saya gunakan untuk menganalisis bagaimana sifat performatif suatu
demonstrasi sebagai sebuah performans, dan bagaimana performans tersebut
mempresentasikan relasi kuasa yang terjadi.
Penelitian ini menggunakan metode
etnografi performans. Untuk melihat demonstrasi sebagai aksi performatif, dan
oleh karena tubuh para demonstran memiliki pengetahuannya sendiri tentang
budaya, saya sebagai peneliti harus berada di dalam ruang dan waktu yang sama
dengan hal yang diteliti. Penelitian ini saya tuliskan secara deskriptif dan
analitis, mengingat penulisan etnografi adalah tindakan penerjemahan dan
percakapan antara peneliti, subjek penelitian, akademisi lain, dan banyak teks
lainnya. Tulisan atas penelitian ini sendiri adalah sebuah arsip dari suatu
peristiwa massa—demonstrasi buruh di Daerah Istimewa Yogyakarta sejak akhir
2022 hingga pertengahan 2023.
Penelitian ini menunjukkan bahwa
demonstrasi buruh Yogyakarta bersifat antistruktur terhadap citra demonstrasi
buruh yang garang, yang merupakan bahasa lain dari demonstrasi. Demonstrasi
buruh di Yogyakarta memakai bahasa kultural sindiran sebagai bahasa perlawanan
terhadap Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus Kesultanan
Ngayogyakarta Hadiningrat. Bahasa sindiran ini menjadi script kultural
yang dijalankan sehari-hari, kemudian dibingkai ulang untuk dipresentasikan
dalam demonstrasi membela kesejahteraan buruh walaupun kemudian dapat berisiko
melemahkan daya radikalitas.
This research attempts to study aspects of
public protests; to interpret the process of public protest related to
imaginations of “mass events” as a “performance”; and to understand public
protest as a form of performance in the framework of of socio-political
activism to stand against the authorities of power. Here, I use Schechner’s
concept of public protest as a performance and restored behaviour in
performance; Kershaw’s concept of radical performance; Turner’s concept of
anti-structure; as well as Derrida’s concept of iterability and the
performative to analyse the performative nature of a public protest as a
performance, and how the performance presents the occuring power relation.
This research is conducted through
performance ethnography method. To perceive public protest as a performative
act, and since the bodies of the protesters have acquired their own knowledge
of culture, as a researcher I must inhabit the same space and time as my
research subjects. I’ve written my research in a descriptive and analytic way,
since ethnographic writing is an act of translation and conversation between
the researcher, the research subject, scholars, and many other texts. The text
of this research is also an archive from a mass event—the worker’s protest in
Yogyakarta Special Region from the end of 2022 until mid-2023.
This research shows that the worker’s
protest in Yogyakarta is anti-structure to the aggressive images of worker’s
protest that reveals itself to be another language of protest. The worker’s
protest in Yogyakarta uses satirical cultural allusions as a language of
resistance against the Government of Yogyakarta Special Region as well as the Kesultanan
Ngayogyakarta Hadiningrat. These allusions become cultural scripts which
gets performed in everyday life, and then recontextualized to be presented in a
public protest to defend the worker’s welfare even though this can have the
risk weakening the power of radicalism.
Kata Kunci : performance, public protest, workers, cultural script, radicality, feudal