Pengaruh Motivasi Kerja Generasi Z Terhadap Kinerja Dengan Iklim Organisasi Dan Kepemimpinan Digital Sebagai Pemoderasi : Studi Pada PT. Bank Permata, Tbk
Niken Nugraheni, Rr Tur Nastiti, M.Si., Ph.D.,
2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Generasi Z yang lahir di tahun
1995 hingga 2010 memiliki keterampilan dalam penggunaan teknologi serta
memanfaatkan adanya informasi yang turut membentuk perspektif, nilai-nilai, dan
aspirasi dalam hidup mereka. Hal tersebut membuat generasi ini mempunyai
karakteristik dan pendekatan unik terhadap pekerjaan sehingga menjadi tantangan
tersendiri dalam manajemen SDM. Tantangan ini juga dihadapi salah satu bank
terbesar di Indonesia, yaitu PT Bank Permata Tbk dimana 46?ri karyawan
PermataBank terdiri dari generasi Z.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh positif motivasi kerja
terhadap kinerja karyawan generasi Z serta menganalisis peran moderasi iklim
organisasi dan kepemimpinan digital dalam pengaruh positif motivasi kerja
terhadap kinerja generasi Z di PermataBank. Desain penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dimana kuesioner dengan skala Likert disebar
kepada karyawan generasi Z untuk selanjutnya diseleksi sesuai kriteria yang
telah ditetapkan. Sampel penelitian berjumlah 122 orang dan data yang diperoleh
dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan PLS-SEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja karyawan generasi Z di PermataBank. Di sisi lain,
kepemimpinan digital dan iklim organisasi tidak memoderasi pengaruh positif
motivasi kerja terhadap kinerja karyawan generasi Z di PermataBank. Penelitian
ini semakin memperkaya kajian terhadap generasi Z dalam lingkungan pekerjaan
yang saat ini masih terbatas. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan salah
satu dasar pengembangan kebijakan perusahaan terkait motivasi, iklim
organisasi, dan kepemimpinan digital yang mendukung kinerja generasi Z.
Generation Z, the generation born
between 1995 to 2010, has skills in using technology and utilizing information
that contribute to shaping their perspectives, values, ??and life aspirations.
This makes this generation has unique characteristics and approaches to work,
making it a challenge in human resource management. This challenge is also
faced by one of the largest bankings in Indonesia, i.e., PT Bank
Permata Tbk, where 46% of PermataBank employees consist of generation Z.
This research aims to analyze the
positive influence of of work motivation on the performance of generation Z
employees and analyze the moderating role of organizational climate and digital
leadership in the positive influence of work motivation on the performance of
generation Z at PermataBank. The research design employed a quantitative
approach, where questionnaires with a Likert scale were distributed to
generation Z employees. The respondents were further selected according to the
selection criteria. The research sample consisted of 122 employees and the data
obtained was analyzed using descriptive statistics. Hypothesis testing was
carried out using PLS-SEM.
The research results showed that
motivation had a positive and significant effect on the performance of
generation Z employees at PermataBank. On the other hand, digital leadership
and organizational climate did not moderate the positive influence of work
motivation on the performance of generation Z employees at PermataBank. This
research further enriches the study of generation Z in the work environment,
which is currently still limited. The results of this research can also be used
as a basis for developing company policies related to motivation,
organizational climate and digital leadership that support the performance of
generation Z.
Kata Kunci : motivasi, kinerja, kepemimpinan digital, iklim organisasi, generasi Z, PermataBank