Laporkan Masalah

Pengaruh Motivasi Kerja Generasi Z Terhadap Kinerja Dengan Iklim Organisasi Dan Kepemimpinan Digital Sebagai Pemoderasi : Studi Pada PT. Bank Permata, Tbk

Niken Nugraheni, Rr Tur Nastiti, M.Si., Ph.D.,

2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Generasi Z yang lahir di tahun 1995 hingga 2010 memiliki keterampilan dalam penggunaan teknologi serta memanfaatkan adanya informasi yang turut membentuk perspektif, nilai-nilai, dan aspirasi dalam hidup mereka. Hal tersebut membuat generasi ini mempunyai karakteristik dan pendekatan unik terhadap pekerjaan sehingga menjadi tantangan tersendiri dalam manajemen SDM. Tantangan ini juga dihadapi salah satu bank terbesar di Indonesia, yaitu PT Bank Permata Tbk dimana 46?ri karyawan PermataBank terdiri dari generasi Z.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh positif motivasi kerja terhadap kinerja karyawan generasi Z serta menganalisis peran moderasi iklim organisasi dan kepemimpinan digital dalam pengaruh positif motivasi kerja terhadap kinerja generasi Z di PermataBank. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dimana kuesioner dengan skala Likert disebar kepada karyawan generasi Z untuk selanjutnya diseleksi sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Sampel penelitian berjumlah 122 orang dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan PLS-SEM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan generasi Z di PermataBank. Di sisi lain, kepemimpinan digital dan iklim organisasi tidak memoderasi pengaruh positif motivasi kerja terhadap kinerja karyawan generasi Z di PermataBank. Penelitian ini semakin memperkaya kajian terhadap generasi Z dalam lingkungan pekerjaan yang saat ini masih terbatas. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan salah satu dasar pengembangan kebijakan perusahaan terkait motivasi, iklim organisasi, dan kepemimpinan digital yang mendukung kinerja generasi Z.

Generation Z, the generation born between 1995 to 2010, has skills in using technology and utilizing information that contribute to shaping their perspectives, values, ??and life aspirations. This makes this generation has unique characteristics and approaches to work, making it a challenge in human resource management. This challenge is also faced by one of the largest bankings in Indonesia, i.e., PT Bank Permata Tbk, where 46% of PermataBank employees consist of generation Z.

This research aims to analyze the positive influence of of work motivation on the performance of generation Z employees and analyze the moderating role of organizational climate and digital leadership in the positive influence of work motivation on the performance of generation Z at PermataBank. The research design employed a quantitative approach, where questionnaires with a Likert scale were distributed to generation Z employees. The respondents were further selected according to the selection criteria. The research sample consisted of 122 employees and the data obtained was analyzed using descriptive statistics. Hypothesis testing was carried out using PLS-SEM.

The research results showed that motivation had a positive and significant effect on the performance of generation Z employees at PermataBank. On the other hand, digital leadership and organizational climate did not moderate the positive influence of work motivation on the performance of generation Z employees at PermataBank. This research further enriches the study of generation Z in the work environment, which is currently still limited. The results of this research can also be used as a basis for developing company policies related to motivation, organizational climate and digital leadership that support the performance of generation Z.

Kata Kunci : motivasi, kinerja, kepemimpinan digital, iklim organisasi, generasi Z, PermataBank

  1. S2-2024-501212-abstract.pdf  
  2. S2-2024-501212-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-501212-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-501212-title.pdf