Laporkan Masalah

Peran Self-Efficacy dan Pola Asuh Authoritative terhadap Tingkat Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Sarjana Tingkat Akhir di Indonesia

ARFAN PANDHU NUGRAHA, Drs. Isaac Jogues Kiyok Sito Meiyanto, Ph.D., Psikolog

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Persaingan yang semakin ketat di dunia kerja menuntut mahasiswa sarjana tingkat akhir untuk dapat memiliki kesiapan kerja yang baik. Namun pada kenyataannya, tidak semua mahasiswa sarjana tingkat akhir memiliki kesiapan kerja yang baik sebelum mereka lulus. Berbagai faktor dapat berperan terhadap situasi tersebut, dan dua di antaranya adalah self-efficacy dan pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self-efficacy dan pola asuh authoritative terhadap kesiapan kerja mahasiswa sarjana tingkat akhir. Sebanyak 194 partisipan terlibat di dalam penelitian ini dengan metode pengambilan data kuantitatif survei menggunakan skala GSES-12, PSDQ-Authoritative, dan SWRQ. Hasil analisis regresi berganda mengungkapkan bahwa self-efficacy dan pola asuh authoritative secara simultan berperan positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja (R²=0,167, p<0>authoritative berperan lebih besar ketimbang self-efficacy. Temuan pada penelitian ini dapat menjadi dukungan bagi penelitian selanjutnya di masa depan mengenai topik kesiapan kerja mahasiswa, khususnya yang berkaitan dengan self-efficacy dan pola asuh authoritative.

As the competition in the workforce market is tightened, final-year students are required to have good work readiness. However, not all final-year students have good work readiness before they graduate. Various factors can lead to this situation, and two of them are self-efficacy and parenting style. This research aims to determine the role of self-efficacy and authoritative parenting style on work readiness of final-year students. A total of 194 participants were involved in this research using quantitative survey data collection methods using the GSES-12, PSDQ-Authoritative, and SWRQ scales. The results of multiple regression analysis revealed that self-efficacy and authoritative parenting style are simultaneously positive and significant on work readiness (R²=0.167, p<0>

Kata Kunci : Kesiapan Kerja, Self-efficacy, Authoritative, Mahasiswa

  1. S1-2024-459578-abstract.pdf  
  2. S1-2024-459578-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-459578-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-459578-title.pdf