Analisis Bahasa Kiasan dalam Teks Promosi pada Keterangan Foto di Instagram Marina Bay Sands
SALSABIL AYUNINGTYAS TRAH UTAMI, Nur Endah Nugraheni, S.S., M.A.
2024 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS
Penelitian
ini meneliti bahasa kiasan yang digunakan dalam caption di akun Instagram
Marina Bay Sands, berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Colston (2015).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis-jenis bahasa kiasan,
kiasan yang paling sering digunakan, dan tujuan dari bahasa kiasan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan
dari teks promosi di Instagram selama periode Januari 2023 hingga Maret 2024.
Penelitian ini menemukan bahwa dari 97 contoh bahasa kiasan yang
diidentifikasi, ditemukan 71 bahasa kiasan dan jenis yang paling umum adalah
metafora, yaitu sebesar 73,2%. Hiperbola berada di urutan kedua dengan 17%.
Simile dan idiom lebih jarang ditemukan, dengan simile sebesar 5,6?n idiom
sebesar 4,2%. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan metafora yang banyak pada
caption Instagram akan membuat citra merek MBS sebagai destinasi yang mewah dan
canggih. Bahasa metafora ini membantu membangun narasi yang aspiratif,
mengundang pengikut untuk membayangkan pengalaman mereka di Marina Bay Sands
sebagai sesuatu yang mewah dan berkesan. Bahasa kiasan, seperti metafora,
idiom, dan hiperbola, menambahkan sentuhan keanggunan dan kreativitas pada
teks, yang membedakan merek tersebut dengan merek lain.
This
research examines figurative language used in captions on the Marina Bay Sands
Instagram account, based on the theory proposed by Colston (2015). The aims of
this research are to find the meaning and the purpose of the figurative
language. This research used a qualitative descriptive approach. The data were
collected from Instagram captions of promotional text over the period from
January 2023 to March 2024. This study found that out of 97 examples of
figurative language identified, 71 figurative languages were found and the most
common type was metaphor, which amounted to 73.2%. Hyperbole was the second at
17%. Simile and idioms were less frequent, simile at 5.6% and idioms comprising
4.2%. The findings show that the heavy use of metaphor on Instagram caption
would make the brand image of MBS as a luxury and sophisticated destination.
This metaphorical language helps build an aspirational narrative, inviting
followers to imagine their experience at Marina Bay Sands as something
luxurious and memorable. Figurative language, such as metaphors, idioms, and
hyperbole, adds a layer of elegance and creativity to the captions,
distinguishing the brand from others.
Kata Kunci : Kata Kunci: Bahasa Kiasan, Linguistik, Instagram, Teks promosi. Keywords: Figurative Language, Linguistics, Instagram, Promotional text