Laporkan Masalah

A Figurative Language Styles Analysis of ‘E’ Game Company Press Releases

RAHMA FEBRIYANTI, Nabila Kusuma V,S.I.P.,M.A.

2024 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan gaya bahasa kiasan yang diterapkan pada siaran pers dari 'E' Game Company. Dengan meneliti siaran pers yang diterbitkan oleh 'E' Game Company dari September 2023 hingga Februari 2024 karena merilis siaran pers enam bulan sebelum peluncuran produk sangat penting untuk menumbuhkan antisipasi, mengamankan permintaan konsumen yang berkelanjutan, dan liputan media menjelang peluncuran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan prinsip-prinsip struktur kalimat Gorys Keraf. Menurut teori Gorys Keraf, bahasa kiasan terdiri dari 14 jenis meliputi metafora, simile, ironi, personifikasi, epitet, metonimi, allegory, allusion, eponym, hypocrisy, satire, synecdoche, antiphrasis, and paranomasia. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 205 kasus yang terdiri dari gaya bahasa kiasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metafora merupakan gaya bahasa kiasan yang paling banyak digunakan dalam siaran pers perusahaan game 'E'. Keistimewaan metafora terletak pada kemampuannya untuk menarik hubungan antara hal-hal yang tampaknya tidak berhubungan dengan menyoroti karakteristik yang sama. Metafora berfungsi sebagai jembatan antara konsep yang tidak dikenal dan konsep yang sudah dikenal, membantu pembaca dalam memahami tema kata-kata yang tidak dikenal yang menghubungkannya dengan frasa yang lebih umum. 

 

This study aims to analyze the use of figurative language styles applied to press releases from 'E' Game Company. By examining the press releases published by 'E' Game Company from September 2023 to February 2024 as releasing press releases six months before product launch is essential to anticipation, secure ongoing consumer demand, and media coverage ahead of the launch. This research uses a qualitative descriptive method based on Gorys Keraf's sentence structure principles. According to Gorys Keraf's theory, figurative language consists of 14 types including metaphor, simile, irony, personification, epithet, metonymy, allegory, allusion, eponym, hypocrisy, satire, synecdoche, antiphrasis, and paranomasia. The results of this study show that there are 205 cases consisting of figurative language styles. The results show that metaphor is the most frequently used figurative language style in the press release of the game company 'E'. The specialty of metaphor lies in its ability to draw connections between seemingly unrelated things by highlighting similar characteristics. Metaphors serve as a bridge between unfamiliar and familiar concepts, assisting the reader in understanding the theme of unfamiliar words by relating them to more general phrases. 

Kata Kunci : Figurative Language Styles, Press Releases, Game Company

  1. D4-2024-463826-abstract.pdf  
  2. D4-2024-463826-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-463826-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-463826-title.pdf