A Figurative Language Styles Analysis of ‘E’ Game Company Press Releases
RAHMA FEBRIYANTI, Nabila Kusuma V,S.I.P.,M.A.
2024 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS
Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan gaya bahasa kiasan yang diterapkan
pada siaran pers dari 'E' Game Company. Dengan meneliti siaran pers yang
diterbitkan oleh 'E' Game Company dari September 2023 hingga Februari 2024
karena merilis siaran pers enam bulan sebelum peluncuran produk sangat penting
untuk menumbuhkan antisipasi, mengamankan permintaan konsumen yang
berkelanjutan, dan liputan media menjelang peluncuran. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan prinsip-prinsip struktur
kalimat Gorys Keraf. Menurut teori Gorys Keraf, bahasa kiasan terdiri dari 14
jenis meliputi metafora, simile, ironi, personifikasi,
epitet, metonimi, allegory, allusion, eponym, hypocrisy, satire, synecdoche,
antiphrasis, and paranomasia. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 205
kasus yang terdiri dari gaya bahasa kiasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
metafora merupakan gaya bahasa kiasan yang paling banyak digunakan dalam siaran
pers perusahaan game 'E'. Keistimewaan metafora terletak pada kemampuannya
untuk menarik hubungan antara hal-hal yang tampaknya tidak berhubungan dengan
menyoroti karakteristik yang sama. Metafora berfungsi sebagai jembatan antara
konsep yang tidak dikenal dan konsep yang sudah dikenal, membantu pembaca dalam
memahami tema kata-kata yang tidak dikenal yang menghubungkannya dengan frasa
yang lebih umum.
This
study aims to analyze the use of figurative language styles applied to press
releases from 'E' Game Company. By examining the press releases published by
'E' Game Company from September 2023 to February 2024 as releasing press
releases six months before product launch is essential to anticipation, secure
ongoing consumer demand, and media coverage ahead of the launch. This research
uses a qualitative descriptive method based on Gorys Keraf's sentence structure
principles. According to Gorys Keraf's theory, figurative language consists of
14 types including metaphor, simile, irony,
personification, epithet, metonymy, allegory, allusion, eponym, hypocrisy,
satire, synecdoche, antiphrasis, and paranomasia. The results of this study
show that there are 205 cases consisting of figurative language styles. The
results show that metaphor is the most frequently used figurative language
style in the press release of the game company 'E'. The specialty of metaphor
lies in its ability to draw connections between seemingly unrelated things by
highlighting similar characteristics. Metaphors serve as a bridge between
unfamiliar and familiar concepts, assisting the reader in understanding the
theme of unfamiliar words by relating them to more general phrases.
Kata Kunci : Figurative Language Styles, Press Releases, Game Company