Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Impulsive Buying Gen-Z Ditinjau dari Teori Masyarakat Konsumtif Jean Baudrillard
MUHAMMAD ROFI'I, Dr. Supartiningsih, S.S., M.Hum.; Dr. Septiana Dwiputri Maharani, S.S., M.Hum.
2024 | Skripsi | ILMU FILSAFAT
Peningkatan penggunaan internet membuat media sosial menjadi bagian
penting dari kehidupan sehari-hari terutama generasi Z. Penggunaan media sosial
yang intensif telah memengaruhi perilaku konsumtif generasi Z, terutama dalam
hal pembelian impulsif. Media sosial menciptakan hiperrealitas yang memperkuat perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki lebih
lanjut tentang pengaruh media sosial terhadap perilaku impulsive buying
generasi Z dengan menggunakan perspektif teori masyarakat konsumtif Jean
Baudrillard.
Penelitian ini merupakan penelitian filsafati tentang isu aktual. Dengan
menggunakan metode hermeneutika filsafat, penelitian ini menginterpretasikan
fenomena konsumtif yang terjadi pada generasi Z. Analisis dilakukan menggunakan
tiga unsur metodis : deskripsi, interpretasi dan refleksi kritis peneliti.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama media sosial
memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Faktor
seperti emosi, promosi produk, iklan yang menarik, kontrol diri yang rendah,
dan kemudahan transaksi berperan dalam mendorong pembelian impulsif di media
sosial. Kedua, media sosial melalui penciptaan hiperrealitas dan sistem tanda
dan simbol, memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif
generasi Z. Pembelian tidak hanya dilakukan berdasarkan nilai guna, tetapi
bergeser sebagai ekspresi pengakuan simbol dan status identitas sosial dalam
masyarakat konsumtif khususnya generasi Z.
The increased use of the
internet has made social media an essential part of daily life, especially for
generation Z. The intensive use of social media has influenced the consumptive
behavior of generation Z, particularly in terms of impulsive buying. Social
media creates a hyperreality that reinforces impulsive buying behavior. This
study aims to further investigate the influence of social media on the
impulsive buying behavior of generation Z using the perspective of Jean
Baudrillard’s theory of consumer society.
This
research is a philosophical study on current issues. Using the method of
philosophical hermeneutics, this study interprets the consumptive phenomena
occurring within generation Z. The analysis is conducted using three methodological
elements: description, interpretation, and critical reflection by the
researcher.
The results
of this study indicate that firstly, social media has a significant influence
on impulsive buying behavior. Factors such as emotions, product promotions,
appealing advertisements, low self-control, and ease of transaction play a role
in driving impulsive purchases on social media. Secondly, social media, through
the creation of hyperreality and a system of signs and symbols, significantly
influences the impulsive buying behavior of Generation Z. Purchases are not
only made based on utility value but have shifted to express recognition of
symbols and social identity status within the consumer society, especially for
generation Z.
Kata Kunci : Media sosial, Impulsive buying, Generasi Z, Tanda, Simbol.