Laporkan Masalah

Pengaruh Iklan yang Dipersonalisasi pada Niat Pembelian Berkelanjutan

Elia Novita Sari, Dr. Sari Winahjoe Siswomiharjo, M.B.A.

2024 | Skripsi | MANAJEMEN

 Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh iklan yang dipersonalisasi pada niat pembelian berkelanjutan berdasarkan kerangka kerja stimulus-organism-response. Responden dalam penelitian ini merupakan pengguna aktif media sosial yang pernah menjumpai iklan yang dipersonalisasi di media sosial. Penelitian ini berhasil memperoleh 300 responden dengan mempertimbangkan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunkaan metode SEM-PLS dengan perangkat lunak SmartPLS 4.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan personalisasi berpengaruh positif pada dorongan pembelian impulsif melalui mediasi kecenderungan belanja impulsif. Sikap belanja melalui perangkat seluler secara signifikan mendorong pengguna untuk melakukan pembelian impulsif. Pengetahuan kelingkunganan terbukti secara positif memengaruhi niat pembelian berkelanjutan. Selain itu, pengetahuan lingkungan secara signifikan mengurangi dorongan pembelian impulsif.

This research aims to test and analyze the influence of personalized advertising on sustainable purchase intentions based on the stimulus-organism-response framework. Respondents in this study are active social media users who have encountered personalized advertising on social media. This research succeeded in obtaining 300 respondents by considering the purposive sampling method. This research uses the SEM-PLS method with SmartPLS 4 software.

The results of this study indicate that personalized advertising has a positive effect on impulse buying through the mediation of impulsive shopping tendencies. Mobile shopping attitudes significantly encourage users to make impulse purchases. Environmental knowledge has been shown to positively influence sustainable purchasing intentions. In addition, environmental knowledge significantly reduces the urge to buy impulsively.

Kata Kunci : Media Sosial, Iklan yang Dipersonalisasi, Pembelian Impulsif, Pembelian Berkelanjutan

  1. S1-2024-441458-abstract.pdf  
  2. S1-2024-441458-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-441458-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-441458-title.pdf