Pengaruh Iklan yang Dipersonalisasi pada Niat Pembelian Berkelanjutan
Elia Novita Sari, Dr. Sari Winahjoe Siswomiharjo, M.B.A.
2024 | Skripsi | MANAJEMEN
Penelitian ini bertujuan untuk
menguji dan menganalisis pengaruh iklan yang dipersonalisasi pada niat
pembelian berkelanjutan berdasarkan kerangka kerja stimulus-organism-response.
Responden dalam penelitian ini merupakan pengguna aktif media sosial yang
pernah menjumpai iklan yang dipersonalisasi di media sosial. Penelitian ini
berhasil memperoleh 300 responden dengan mempertimbangkan metode purposive
sampling. Penelitian ini menggunkaan metode SEM-PLS dengan perangkat lunak
SmartPLS 4.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa iklan personalisasi berpengaruh positif pada
dorongan pembelian impulsif melalui mediasi kecenderungan belanja impulsif.
Sikap belanja melalui perangkat seluler secara signifikan mendorong pengguna
untuk melakukan pembelian impulsif. Pengetahuan kelingkunganan terbukti secara
positif memengaruhi niat pembelian berkelanjutan. Selain itu, pengetahuan
lingkungan secara signifikan mengurangi dorongan pembelian impulsif.
This
research aims to test and analyze the influence of personalized advertising on
sustainable purchase intentions based on the stimulus-organism-response
framework. Respondents in this study are active social media users who have
encountered personalized advertising on social media. This research succeeded in
obtaining 300 respondents by considering the purposive sampling method. This
research uses the SEM-PLS method with SmartPLS 4 software.
The
results of this study indicate that personalized advertising has a positive
effect on impulse buying through the mediation of impulsive shopping
tendencies. Mobile shopping attitudes significantly encourage users to make
impulse purchases. Environmental knowledge has been shown to positively
influence sustainable purchasing intentions. In addition, environmental
knowledge significantly reduces the urge to buy impulsively.
Kata Kunci : Media Sosial, Iklan yang Dipersonalisasi, Pembelian Impulsif, Pembelian Berkelanjutan