Laporkan Masalah

Strategi Pengembangan Instagram @farmhill.academy dalam Menyebarkan Informasi Program Pertanian di Farmhill Academy

MUHAMMAD DAFFA RAVANSA, Ratih Ineke Wati, S.P., M.Agr., Ph.D. ; Dr. Dyah Woro Untari, S.P., M.P.

2024 | Skripsi | PENYULUHAN & KOMUNIKASI PERTANIAN

Farmhill Academy adalah perusahaan sektor agrikultur dan bergerak di bidang pelatihan, konsultasi, serta pendampingan dalam sistem hidroponik dengan menggunakan teknologi greenhouse. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2022 ini berlokasi di Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Farmhill Academy secara aktif memanfaatkan media sosial Instagram sebagai platform utama untuk menyebarkan program yang ada. Tujuan penyebaran informasi melalui sosial media Instagram untuk mencapai jangkauan yang luas dan meningkatkan minat masyarakat terhadap partisipasi program tersebut. Selain itu, pengggunaan media sosial dalam penyebaran informasi pertanian dapat menarik minat generasi muda karena sebagian pengguna media sosial didominasi oleh generasi muda. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang sudah dilakukan dalam pengembangan media sosial Instagram Farmhill Academy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan Lokasi dilakukan secara purposif dengan sejumlah informan, antara lain manager Farmhill Academy, staff pengelola media sosial, dan peserta magang divisi creative marketing. Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Farmhill Academy telah menerapkan berbagai strategi pengembangan media sosial untuk membangun branding perusahaan melalui Instagram. Strategi yang telah diterapkan meliputi pengoptimalan profil bisnis secara lengkap dan profesional, seperti mendeskripsikan brand atau perusahaan di bio Instagram, menyantumkan kontak informasi nomor WhatsApp dan email, serta membuat akun Instagram bisnis.

Farmhill Academy is a company in the agricultural sector and is engaged in training, consulting, and mentoring in hydroponic systems using greenhouse technology. The company was established in 2022 and is located in Jomblang Village, Candisari District, Semarang City, Central Java. Farmhill Academy actively utilizes Instagram social media as the main platform to disseminate existing programs. The purpose of disseminating information through Instagram social media is to achieve a wide reach and increase public interest in program participation. In addition, the use of social media in disseminating agricultural information can attract the younger generation because some social media users are dominated by the younger generation. Therefore, this research aims to find out the strategies that have been carried out in the development of Farmhill Academy's Instagram social media. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Location determination was carried out purposively with a number of informants, including the Farmhill Academy manager, social media management staff, and creative marketing division interns. Data analysis methods include data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the research indicate that Farmhill Academy has implemented various social media development strategies to build the company's branding through Instagram. The strategies applied include optimizing the business profile comprehensively and professionally, such as describing the brand or company in the Instagram bio, including contact information like WhatsApp numbers and emails, and creating a business Instagram account.

Kata Kunci : strategi pengembangan, media sosial Instagram, penyebaran informasi, program pertanian, Farmhill Academy, perusahaan pertanian

  1. S1-2024-462512-abstract.pdf  
  2. S1-2024-462512-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-462512-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-462512-title.pdf