Saving Face: Changing China's Global Image Using Film
Rania Nuraiyni Prijono, Dr. Nur Rachmat Yuliantoro, MA(IR)
2024 | Skripsi | Ilmu Hubungan Internasional
Penggambaran Hollywood
tentang Tiongkok mencerminkan sikap dan persepsi global, khususnya dari Amerika
Serikat. Meskipun sentiment negatif terhadap Tiongkok meningkat, film-film
laris Hollywood memasukakan unsur-unsur seperti produk, aktor, lokasi, bahasa,
dan sejarah negeri tersebut. Hollywood mengrepresentasi Tiongkok secara
positif. Namun, berbagai artikel penelitian dan laporan berita mengenai
fenomena ini menggambarkan bagaimana Hollywood berusaha menenangkan Tiongkok
demi kepentingan relasi ekonomi dan pendapatan. Di sisi lain, penyesuaian film
dengan kebijakan sensor ketat Tiongkok memaksa Hollywood untuk mengikuti
Tiongkok. Dengan menggunakan teori manajemen stigma oleh Rebecca Adler-Nissen,
penelitian ini menguraikan bagaimana tiga film pada tahun 1997 (Seven Years in Tibet,
Kundun, dan Red Corner) memaksakan stigma terhadap Tiongkok.
Akibatnya, masyarakat memahami Tiongkok sebagai ancaman global (China
Threat Theory) dan antagonis yang melanggar norma-norma internasional,
seperti hak asasi manusia, demokrasi, dan non-agresi. Selama bertahun-tahun,
masuknya Tiongkok ke dalam Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memungkinkan
akses Tiongkok ke Hollywood, di negara ini mengelola stigmatisasi dengan
membentuk identitas “kekuatan yang bertanggung jawab” melalui produksi bersama
dengan Hollywood. Pendeknya, penelitian ini mendiseminasikan alur cerita
film-film Hollywood untuk memahami bagaimana film menerapkan dan mengelola stigmatisasi
Tiongkok.
Hollywood’s portrayals of
the People’s Republic of China exemplify global attitudes and perceptions
towards the country, especially of the U.S. Despite growing negative sentiments
toward China, recent Hollywood blockbuster movies have included Chinese
elements such as products, actors, location, language, and history. Thus,
Hollywood is portraying China positively. However, research articles and news reports delineate
how Hollywood seeks to appease China for revenue. On the other hand, scholars
argue that China’s strict censorship policies force Hollywood to depict China
in a light yet false manner. By imposing Rebecca Adler-Nissen’s stigma
management theory, this research outlines how three films in 1997 (Seven
Years in Tibet, Kundun, and Red Corner) imposed stigma onto China.
As a result, audiences understand China as an antagonist and global threat
transgressing against internationalized norms such as human rights, democracy,
and non-aggression. Over the years, China’s accession to the World Trade
Organization allowed market access into Hollywood, where the country is shown
to manage stigmatization by forming a norm-complying ‘responsible great power’
identity through co-productions with Hollywood. In short, this research
disseminates storylines of Hollywood movies to understand how they both impose
and manage stigmatization.
Kata Kunci : citra global; manajemen stigma; kekuatan yang bertanggung jawab; Mimpi Cina; Hollywood; Global image; stigma management; responsible great power; Chinese Dream