Konsumerisme Official Goods oleh Penggemar Idol Game Ensemble Stars!!
Larasati Sabrina Poetry, Dr. Robi Wibowo, S.S., M.A.
2024 | Skripsi | SASTRA JEPANG
Penelitian ini membahas pengaruh idol game Ensemble Stars!! terhadap penggemarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumsi yang dilakukan oleh penggemarnya dalam pembelian official goods. Penelitian ini menggunakan konsep konsumerisme dan fanatisme. Data diperoleh dari hasil wawancara bersama informan Indonesia, data responden dari hasil kuesioner, dan data kepustakaan seperti buku, jurnal, dan artikel internet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menyebarkan kuesioner campuran kepada penggemar Ensemble Stars!! dari Indonesia dan Jepang. Dari kuesioner tersebut, dipilih empat responden Indonesia untuk menjadi informan dan dua responden Jepang.
Hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi perilaku konsumtif di kalangan penggemar Ensemble Stars!! Indonesia dan Jepang. Perilaku konsumtif yang terjadi merupakan bentuk dari gaya hidup oshikatsu. Gaya hidup oshikatsu membentuk perilaku konsumerisme yang dipengaruhi oleh fanatisme. Dampak positif yang dirasakan oleh penggemar adalah menjadi lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, memiliki banyak teman, dan dapat belajar bahasa Jepang (untuk penggemar dari Indonesia). Sementara itu, dampak negatifnya adalah menjadi boros karena membeli official goods yang mahal. Selain itu, perilaku konsumtif yang dilakukan oleh penggemar Ensemble Stars!! berbeda-beda antar negara karena penggemar dari Indonesia harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli official goods dari Jepang.
This research discusses the influences of an idol game Ensemble Stars!! towards their fans. This research aims to determine the consumption behavior of fans in the purchase of official goods. This research uses the concepts of consumerism and fanaticism. Data used in this research are obtained from interviews with Indonesian informants, questionnaire respondents, and library data such as books, journals, and internet articles. This research uses a qualitative method by distributing a mixed questionnaire to Ensemble Stars!! fans from Indonesian and Japanese fans. From the questionnaire, four Indonesian were selected to become informants and two of Japanese respondents.
The research results show that consumptive behavior does exist among Indonesian and Japanese fans. The consumptive behavior that occurs is influenced form oshikatsu lifestyle. The oshikatsu lifestyle forms consumerist behavior which is influenced by fanaticism. The positive impacts felt by fans consist of becoming more energetic doing daily activities, having lots of friends, and being able to learn Japanese (for Indonesian fans). Meanwhile, the negative impact is becoming wasteful in terms of money due to the expensive prices of official goods. In addition, the consumer behavior carried out by fans of Ensemble Stars!! varies between countries because Indonesian fans have to pay additional costs to buy official goods from Japan.
Kata Kunci : idol game, official goods, konsumerisme, fanatisme, oshikatsu