Analysis of Copywriting Strategies in Instagram Posts of UGM Press
RAMA GIBRANTARA ALIEF PADMANA, Drs. Winarto, M.M.Par.
2024 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS
Tugas
akhir ini bertujuan untuk membahas strategi marketing copywriting UGM Press
sebagai perusahaan penerbitan universitas dibawah naungan Universitas Gadjah
Mada dalam meningkatkan brand awareness. Latar belakang penelitian ini adalah
peneliti ingin mengetahui tentang strategi pemasaran copywriting yang dilakukan
oleh UGM Press sebagai penerbit milik Universitas Gadjah Mada. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menjadi pengamat langsung melalui
media sosial Instagram UGM Press dari konten-konten yang diunggah pada tanggal
26 Agustus 2022 sampai dengan 10 Juni 2024 di media sosial Instagram UGM Press.
Disajikan secara rinci dalam deskripsi menggunakan bahasa Inggris dengan
didukung gambar-gambar yang diperoleh peneliti pada saat melakukan observasi.
Penelitian ini ditinjau dari tiga aspek, pertama jenis copywriting, strategi
copywriting yang digunakan UGM Press, dan ditinjau dari penilaian model AIDA.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan dukungan kutipan
gambar pada saat melakukan observasi dan dokumentasi. Setelah melakukan
penelitian, UGM Press menggunakan salinan visual, salinan berita, salinan kau
dan saya, dan salinan puitis. Selain itu juga ditemukan strategi copywriting
yang bermanfaat dalam menunjang pemasaran. Strategi tersebut antara lain
menyampaikan pesan, menggunakan jingle atau slogan yang menarik, menggunakan
simbol-simbol yang berkaitan dengan merek, menggunakan merek untuk memperluas
produknya, memperkuat citra merek melalui sinyal. sinyal yang sesuai dengan
kategori produk atau merek, Membentuk kenangan di benak konsumen. Selanjutnya
penulis menemukan bahwa dari sudut pandang model AIDA, copywriting UGM Press
memenuhi seluruh unsur yang terkandung di dalamnya seperti Attention, Interest,
Desire, Action.
This
final assignment aims to discuss the marketing copywriting strategy of UGM
Press as a university publishing company under the auspices of Universitas
Gadjah Mada in increasing brand awareness. The background to this research is
wants to know about the copywriting marketing strategy carried out by UGM Press
as a publisher owned by Universitas Gadjah Mada The data collection method that
the research uses is by being a direct observer via the UGM Press Instagram
social media from content uploaded from 26 August 2022 to 10 June 2024 on the
UGM Press Instagram social media. Presented in detail in a description using
English, supported by pictures obtained during observations. This research is
reviewed from three aspects, first the type of copywriting, the copywriting
strategy used by UGM Press, and reviewed from the AIDA model assessment. The
research method used is qualitative. The type of data used in this research is
primary and secondary data with the support of image quotations when making
observations and documentation. After conducted the research, UGM Press uses
visual copy, news copy, you and me copy, and poetic copy. Apart from that,
copywriting strategies were also found that were useful in supporting
marketing. These strategies include conveying messages, using catchy jingles or
slogans, using symbols related to the brand, using the brand to expand its
products, strengthening the brand image through signals. signals that match the
product category or brand, Form memories in the minds of consumers.
Furthermore, the research found that from the AIDA model point of view, UGM
Press copywriting fulfills all the elements contained in it such as Attention,
Interest, Desire, Action.
Kata Kunci : Copywriting Strategy, AIDA Model, UGM Press