Perancangan WebGIS Berbasis CodeIgniter untuk Pelayanan Pelanggan dan Inventarisasi Aset Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kabupaten Kendal Tahun 2024
RIZAL WAHYUDI, Karen Slamet Hardjo, S.Si., M.Sc.
2024 | Tugas Akhir | D4 SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Sistem
penunjang pelayanan yang interaktif perlu di bangun untuk meningkatkan
efektivitas pelayanan publik. Pelayanan publik di bidang industri air minum di
Perumda Air Minum Tirto Panguripan saat ini masih belum optimal. Oleh karena
itu, diperlukan sistem yang dapat digunakan untuk melakukan pengaduan gangguan air,
pemasangan sambungan pipa baru, dan monitoring inventarisasi aset data spasial.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) merancang sistem informasi pelayanan
pelanggan dan inventarisasi aset yang efektif melalui WebGIS yang
terintegrasi dengan informasi lokasi untuk pelayanan pelanggan dan
inventarisasi aset, (2) mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna terkait WebGIS
SIPARTAN yang digunakan sebagai sistem informasi pelayanan pelanggan dan
inventarisasi aset.
WebGIS SIPARTAN (Sistem Informasi Perumda Air Minum Tirto
Panguripan) di bangun dengan metode pengembangan sistem yang mengintegrasikan
antara library spatial, database MySQL, Framework CodeIgniter, dan
bahasa pemrograman berupa PHP dan JavaScript. Framework CodeIgniter digunakan
sebagai kerangka pembangunan situs web yang menerapkan konsep Model,
View, Controller (MVC). Perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan WebGIS
meliputi QGIS sebagai media pengolahan data geospasial, Visual Studio
Code sebagai teks editor dalam penulisan source code, dan XAMPP
sebagai server lokal dalam perancangan WebGIS.
Hasil dari pengujian
pada aspek fungsional WebGIS SIPARTAN dilakukan melalui uji alpha untuk
menguji kevalidan fitur yang tersedia dan uji beta untuk menilai kepuasan
pengguna dengan melibatkan hasil penilaian petugas Perumda Air Minum Tirto
Panguripan dan masyarakat umum. Hasil perhitungan nilai rata-rata indeks
menunjukkan bahwa 12 responden yang berperan sebagai petugas Perumda Air Minum
Tirto Panguripan memperoleh nilai 88,33%, sedangkan 100 responden dari
masyarakat umum memperoleh nilai 90,83%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, WebGIS
SIPARTAN dinyatakan telah memenuhi standar kepuasan pengguna, baik bagi
petugas Perumda Air Minum Tirto Panguripan maupun masyarakat umum.
An
interactive service support system needs to be built to increase the
effectiveness of public services. Public services in the drinking water
industry at Perumda Air Minum Tirto Panguripan are currently still not optimal.
Therefore, a system is needed that can be used to make complaints about water
disturbances, install new pipe connections, and monitor spatial data asset
inventory. The objectives of this study are (1) to design an effective customer
service information system and asset inventory through WebGIS integrated with
location information for customer service and asset inventory, (2) to evaluate
the level of user satisfaction related to the SIPARTAN WebGIS used as a
customer service information system and asset inventory.
WebGIS
SIPARTAN (Perumda Air Minum Tirto Panguripan Information System) is built with
a system development method that integrates spatial library, MySQL database,
CodeIgniter Framework, and programming languages such as PHP and JavaScript.
The CodeIgniter framework is used as a website development framework that
applies the Model, View, Controller (MVC) concept. The software used in WebGIS
design includes QGIS as a geospatial data processing media, Visual Studio Code
as a text editor in writing source code, and XAMPP as a local server in WebGIS
design.
The results
of testing on the functional aspects of the SIPARTAN WebGIS were carried out through
an alpha test to test the validity of the available features and a beta test to
assess user satisfaction by involving the assessment results of Perumda Air
Minum Tirto Panguripan officers and the general public. The results of the
calculation of the average index value show that 12 respondents who acted as
Perumda Air Minum Tirto Panguripan officers scored 88.33%, while 100
respondents from the general public scored 90.83%. Based on the assessment
results, the SIPARTAN WebGIS is declared to have met the user satisfaction
standards, both for Perumda Air Minum Tirto Panguripan officers and the general
public.
Kata Kunci : WebGIS, CodeIgniter, QGIS, Layanan Pelanggan, Inventarisasi Aset