Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Terhadap Kepercayaan Pengguna Layanan Fintech Crowdfunding
Mikail Akbar Adnan, Saiqa Ilham Akbar BS, SE., MSc.
2024 | Tugas Akhir | D4 PERBANKAN
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi transparansi dan persepsi akuntabilitas terhadap kepercayaan donatur yang melakukan donasi melalui fintech crowdfunding. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan sampel diambil dengan metode purposive sampling. Adapun data diperoleh melalui angket kuesioner. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa transparansi tidak memiliki pengaruh terhadap kepercayaan dan akuntabilitas memiliki pengaruh positif yang signifikan. Sementara itu transparansi dan akuntabilitas secara simultan memiliki pengaruh positif yang signifikan.
This research aims to analyze the effect of perceptions of transparency and perceptions of accountability on the trust of the donors who make donations through crowwdfunding fintech services. This research was conducted using quantitative methods and samples were taken using purposive sampling method. The data was obtained through a questionnaire. The results of the data analysis show that transparency has no effect on trust and accountability has a significant positive effect. Meanwhile transparency and accountability simultaneously have a significant positive effect.
Kata Kunci : Persepsi Transparansi, Persepsi Akuntabilitas, Kepercayaan, Fintech Crowdfunding, Kuesioner, Perceptions of Transparency, Perceptions of Accountability, Trust, Crowdfunding Fintech, Questionnaire