Positive Discourse Analysis of Roche Indonesia's LinkedIn Captions: A Discursive Strategies
RATNA MARDHIKA SARI, Dr. Endang Soelistiyowati, S.Pd., M.Pd.
2024 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS
Di
era digital ini, media sosial menjadi bagian penting dalam komunikasi bisnis.
Roche Indonesia, perusahaan farmasi terkemuka, menggunakan LinkedIn untuk
meningkatkan visibilitas merek mereka dan terhubung dengan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis strategi diskursif yang
digunakan oleh Roche Indonesia dalam caption LinkedIn mereka dan memahami
tujuan penggunaan masing-masing jenis tersebut. Data utama berasal dari caption
dengan hashtag #women'shealth, yang mencakup topik-topik seperti kanker
payudara, kanker serviks, kesehatan perempuan secara umum, dan upaya Roche
Indonesia untuk mendukung kesehatan perempuan. Pengumpulan data dilakukan pada
bulan Desember 2023 hingga Mei 2024. Analisis Wacana Positif (PDA) dan metode
diskursif Wodak dan Reisigl (2009) digunakan untuk mempelajari data. Data
dikategorikan berdasarkan strategi diskursif: Nominasi, Predikasi, Argumentasi,
Perspektivisasi, serta Intensifikasi dan Mitigasi. Hasilnya menunjukkan bahwa
Roche Indonesia menggunakan seluruh strategi diskursif di 10 teks antara bulan
Desember 2023 hingga Mei 2024. Namun, strategi nominasi merupakan strategi yang
paling sering digunakan oleh Roche Indonesia di caption LinkedIn mereka karena
strategi nominasi memiliki banyak kategori seperti sosial aktor, kata ganti,
dan kegiatan atau fenomena. Penggunaan nominasi ini membuat konteks caption
lebih jelas. Penelitian ini juga menemukan bahwa Roche Indonesia menggunakan
strategi ini untuk meningkatkan kesadaran, mengedukasi perempuan mengenai
deteksi dini dan pencegahan, memberdayakan mereka untuk mengambil alih kendali
atas kehidupan kesehatan mereka, mendorong akses layanan kesehatan yang lebih
baik, mendorong kesetaraan gender dalam penelitian, mendorong tindakan
kolektif, dan menunjukkan komitmen mereka terhadap isu-isu kesehatan wanita.
In
this digital era, social media is a key part of business communication. Roche
Indonesia, a leading pharmaceutical company, uses LinkedIn to increase their
brand's visibility and connect with the public. This study aims to discover the
types of discursive strategies used by Roche Indonesia in their LinkedIn
caption and understand the purposes of using each type.The main data comes from
captions with the hashtag #women'shealth, covering topics like breast cancer,
cervical cancer, women's health in general, and Roche Indonesia's efforts to
support women's health. The data was collected from December 2023 to May 2024.
Positive Discourse Analysis (PDA) and Wodak and Reisigl's methods are used to
study the data. The data are categorized based on the discursive strategies:
Nomination, Predication, Argumentation, Perspectivization, and Intensification
and Mitigation. The results revealed that Roche Indonesia used all the
discursive strategies across 10 captions between December 2023 to May 2024.
However, the nomination strategy is the most frequently used strategy by Roche
Indonesia in their LinkedIn captions due to its diverse categories, such as
social actors, pronouns, and event or phenomena. The utilization of this
nomination strategy clarifies the context of the captions. The study also found
that Roche Indonesia used these strategies to raise awareness, educate women on
early detection and prevention, empower them to take charge of their health,
push for better healthcare access, promote gender equality in research,
encourage collective action, and show their commitment to women's health
issues.
Kata Kunci : Analisis wacana positif, LinkedIn, Strategi diskursif