Laporkan Masalah

Pemanfaatan Aplikasi Trans Semarang dalam Implementasi Smart Mobility di Kota Semarang

ANITA PUTRI ANGGRAINI, Prof. Dr. Rini Rachmawati, S.Si., M.T.

2024 | Skripsi | PEMBANGUNAN WILAYAH

Aplikasi Trans Semarang merupakan salah satu bentuk upaya peningkatan pelayanan publik khususnya pelayanan BRT Trans Semarang. Adanya aplikasi tersebut memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi seputar BRT Trans Semarang seperti jadwal armada, info rute & koridor, live tracking GPS armada, harga tiket, rekomendasi rute, dan kondisi lalu lintas Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil aplikasi Trans Semarang, bagaimana pemanfaatan aplikasi Trans Semarang dalam mendukung smart mobility di Kota Semarang, dan menyusun rekomendasi terkait optimasi sistem Trans Semarang dalam mendukung smart mobility di Kota Semarang. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam (in-depth interview), kuesioner, dan observasi lapangan. Adapun data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dengan mengeksplorasi dan dokumentasi aplikasi Trans Semarang terkait fitur dan pelayanan yang disajikan.
Aplikasi Trans Semarang termasuk Passenger Information System yang digunakan untuk mengakses informasi pelayanan Trans Semarang sekaligus acuan dalam merencanakan perjalanan menggunakan armada Trans Semarang. Fitur yang paling sering digunakan adalah fitur Semua Bus, Info Rute, dan Nearby Bus. Meskipun memiliki kendala seperti latensi jaringan dan bergantung pada kondisi sinyal pengguna, fitur yang ada telah memenuhi kebutuhan pengguna. Strategi optimasi sistem Trans Semarang meliputi pengembangan aplikasi dengan penambahan fitur (jumlah penumpang dan dark mode), perbaikan keefisienan rekomendasi rute, dan penambahan kerja sama dompet digital. Adapun peningkatan kualitas infrastruktur Trans Semarang berfokus pada penekanan headway armada serta peralihan budaya masyarakat bertransaksi secara non tunai.

The Trans Semarang application is one form of effort to improve public services, especially the BRT Trans Semarang service. The existence of this application enables the public to access information about BRT Trans Semarang such as fleet schedules, route and corridor information, live fleet GPS tracking, ticket prices, route recommendations, and traffic conditions in the city of Semarang. This research aims to understand the profile of the Trans Semarang application, how the utilization of the Trans Semarang application supports smart mobility in the city of Semarang, and to formulate policy recommendations regarding the optimization of the Trans Semarang system in supporting smart mobility in the city of Semarang. The method used in this research is qualitative descriptive. Primary data collection in this research was conducted using in-depth interviews, questionnaires, and field observations. The secondary data in this research was obtained by exploring and documenting the Trans Semarang application related to the features and services provided.

The Trans Semarang application includes a Passenger Information System used to access Trans Semarang service information as well as a reference for planning trips using Trans Semarang fleet. The most frequently used features are the All Bus, Route Info, and Nearby Bus features. Although facing challenges such as network latency and dependence on user signal conditions, the existing features have met user needs. Optimization strategies for the Trans Semarang system include application development with feature additions (passenger count and dark mode), improving route recommendation efficiency, and adding digital wallet partnerships. The improvement in the quality of Trans Semarang infrastructure focuses on reducing the headway of the fleet and transitioning the public to cashless transactions.

Kata Kunci : aplikasi, trans semarang, smart mobility, teknologi informasi dan komunikasi, pelayanan publik

  1. S1-2024-458656-abstract.pdf  
  2. S1-2024-458656-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-458656-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-458656-title.pdf