Laporkan Masalah

Semiotika Edukasi Produk Organik pada Konten TikTok @pt.naturalnusantara

RADYA DAFFA FAIZARIZKI, Alia Bihrajihant Raya, S.P., M.P., Ph.D.; Mesalia Kriska, S.P., M.Sc

2024 | Skripsi | PENYULUHAN & KOMUNIKASI PERTANIAN

Semiotika merupakan ilmu yang mempelajari tentang tanda atau simbol. Pada konten terdapat tanda-tanda yang muncul dan menghasilkan makna pesan yang disampaikan. PT Natural Nusantara merupakan perusahaan swasta yang menggunakan bahan dasar organik dan menggunakan TikTok sebagai media promosi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tanda dan makna yang terdapat pada konten TikTok @pt.naturalnusantara menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce dan menemukan pendekatan edukasi di dalamnya. Pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce menggunakan penjabaran triangle of meaning. Triangle of meaning terdiri dari penjabaran makna tanda (sign), makna objek (object) dan interpretant. Setelah didapatkan hasil semiotika Charles Sanders Peirce dari konten TikTok @pt.naturalnusantara, dapat diketahui isi pesan yang disampaikan dalam mempromosikan produk dengan pendekatan edukasi pertanian kepada viewers TikTok. Metode dasar yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis isi secara interpretatif untuk penjabarannya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini menyimpulkan makna tanda (sign) yang terdapat melalui teknik pengambilan gambar dan suara, makna objek (object) yang terdapat melalui narasi dan kegiatan agrokompleks (pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan) dan makna interpretant konten memiliki tujuan untuk agenda-setting, information (innovation) diffusion dan social marketing. Pendekatan edukasi pertanian dari TikTok @pt.naturalnusantara fokus untuk memberikan pengarah (tutorial), fokus untuk memberikan edukasi informasi produk (brand-awareness) dan fokus untuk meluruskan misinformasi (brand-image).

Semiotics studies about signs and symbols. In a content, signs may appear and result in certain meanings. PT Natural Nusantara is a private complany that uses organic ingredients and uses TikTok as their media promotion. This research focuses on finding signs and meanings on @pt.naturalnusantara TikTok content based on the semiotics theory by Charles Sanders Peirce and to find the education approach within the content. The semiotics approach, by Charles Sanders Peirce, uses the explanation of 'Triangle of Meaning'. 'Triangle of Meaning' stands for meaning within sign, objek and interpretant. After semiotics results of Charles Sanders Peirce has been achieved from @pt.naturalnusantara TikTok, it is known that the message was delivered in promoting products with an agricultural approach towards the TikTok viewers. The basic method used in this research is content analysis through interpretation for its explanation. Techniques of data gathering in this study involves observation and literature review. This study summarizes meanings of sign from cinematography and sound; meanings of object from naration and agriculture activities (farming, gardening, forestry, farm and fishery); and meanings of interpretant that focuses on agenda-setting, information (innovation) diffusion and social marketing. Educational approach of @pt.naturalnusantara TikTok focuses on tutorial, brand awareness and brand-image.

Kata Kunci : Analisis Isi, Edukasi, PT Natural Nusantara, Semiotika Charles Sanders Pierce, TikTok.

  1. S1-2024-462519-abstract.pdf  
  2. S1-2024-462519-bibliography_(2).pdf  
  3. S1-2024-462519-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-462519-title.pdf