Laporkan Masalah

Pengaruh Materialisme dan Orientasi Etika terhadap Persepsi Digital Piracy (Studi Pada Pembelian Layanan Streaming Melalui Pihak Ketiga di E-Commerce)

AUDHYTA AROFATUNNISA, Dr. Ahmad Amin, S.E., M.Sc.

2024 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh materialisme, orientasi etika idealisme, dan orientasi etika relativisme terhadap persepsi mahasiswa pada pembajakan produk digital, terutama pada pembelian layanan streaming melalui pihak ketiga yang tidak resmi di e-commerce. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan 135 mahasiswa dari S1 FEB UGM yang tertarik/sedang/pernah berlangganan layanan streaming video dan/atau musik. Pengujian dilakukan menggunakan model regresi linear berganda dengan IBM SPSS 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa materialisme dan orientasi etika relativisme berpengaruh positif terhadap persepsi pembelian layanan streaming melalui pihak ketiga yang tidak resmi di e-commerce. Sementara itu, orientasi etika idealisme tidak berpengaruh pada persepsi perilaku pembelian layanan streaming melalui pihak ketiga yang tidak resmi di e-commerce. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa orientasi etika yang dimiliki mahasiswa belum tentu tercermin dalam tindakan dan pola konsumsi mereka. Persepsi keuntungan yang didapat menjadi bentuk rasionalisasi dari tindakan pembajakan produk digital.

This study aims to investigate the influence of materialism, the ethical orientation of idealism, and the ethical orientation of relativism on students’ perceptions of digital piracy, particularly regarding the purchase of streaming services through unofficial third parties on e-commerce platforms. This research is a quantitative study utilizing primary data obtained through the distribution of questionnaires. The sampling method used in this research is purposive sampling, consisting of 135 students from the undergraduate program at FEB UGM who are interested in, currently subscribing to, or have previously subscribed to video and/or music streaming services. The analysis was conducted using a multiple linear regression model with IBM SPSS 26.

The results indicate that materialism and the ethical orientation of relativism have a positive effect on the perception of purchasing streaming services through unofficial third parties on e-commerce. Conversely, the ethical orientation of idealism does not influence the perception of purchasing streaming services through unofficial third parties on e-commerce. Additionally, the findings suggest that ethical orientation does not necessarily reflect on students’ actions and consumption behavior. The perceived benefits become a form of rationalization for engaging in digital piracy.

Kata Kunci : Materialisme, Orientasi Etika Idealisme, Orientasi Etika Relativisme, Persepsi, Digital Piracy, Layanan Streaming

  1. S1-2024-461112-abstract.pdf  
  2. S1-2024-461112-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-461112-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-461112-title.pdf