Laporkan Masalah

Evaluasi Layanan Fasilitas Parkir Kendaraan Roda Empat Stasiun Tugu Yogyakarta

Jehezkiel Novandy Dondokambey, Dr. Ir. Dewanti, M.S.

2024 | Skripsi | TEKNIK SIPIL

Stasiun Tugu Yogyakarta merupakan fasilitas transportasi tempat beroperasinya aktivitas perkeretaapian, di mana fasilitas ini juga menjadi tempat naik dan turunnya penumpang kereta api di kota Yogyakarta. Semakin meningkatnya minat orang untuk berkunjung ke kota Yogyakarta untuk berpariwisata, peningkatan terus terjadi pada jumlah pengunjung stasiun setiap waktu. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap fasilitas layanan parkir roda empat di sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta, sehingga diharapkan dengan terdapatnya penelitian ini maka dapat membantu pihak pengelola dalam meningkatkan pelayanan fasilitas parkir Stasiun Tugu Yogyakarta. 

Dalam analisis ini, peneliti melakukan evaluasi karakteristik parkir dan kepuasaan pengguna parkir untuk mendapatkan rekomendasi yang dapat menjadi opsi dalam mengembangkan pelayanan fasilitas parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta. Analisis dilakukan secara tiga tahap dimulai dari analisis karakteristik fasilitas parkir, analisis kepuasaan pengguna fasilitas parkir menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA), dan rekomendasi berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan. Pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan survei nomor plat kendaraan roda empat dan penyebaran kuesioner terhadap 101 responden pengguna fasilitas parkir.

Berdasarkan hasil penelitian ini, fasilitas parkir Stasiun Tugu memiliki nilai indeks parkir tertinggi sebesar 110,53%, rata-rata durasi parkir sebesar 34 menit, dan parking turnover sebesar 4,19. Berdasarkan data tersebut maka fasilitas ini termasuk dalam kategori parkir jangka pendek. Fasilitas ini juga memiliki nilai indeks parkir terbesar melebihi 100% atau pada kondisi arus puncak jumlah area parkir yang tersedia belum cukup untuk memenuhi kebutuhan parkir. Berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan, didapatkan bahwa indikator berprioritas tertinggi yang memerlukan perbaikan dari pelayanan fasilitas parkir berupa tarif parkir kendaraan roda empat. Selain itu, indikator-indikator yang memiliki prioritas tinggi untuk ditingkatkan berdasarkan pendapat responden yaitu, kemudahan dalam mencari parkir, kemudahan dalam melakukan manuver parkir, panjang antrian, dan pengarahan dari petugas parkir.

Tugu Yogyakarta Station serves as a transportation facility where railway activities take place, and it also functions as the boarding and alighting point for passengers in Yogyakarta. With the growing interest in visiting Yogyakarta for tourism, the number of visitors to the station continues to rise. This study aims to conduct a comprehensive analysis of the four-wheeled vehicle parking facilities at Tugu Yogyakarta Station, with the expectation that the findings will assist the management in improving the parking facility services at Tugu Yogyakarta Station.

In this analysis, the researcher evaluated the characteristics of parking and user satisfaction to derive recommendations for developing the parking services at Tugu Yogyakarta Station. The analysis was conducted in three stages: starting with the analysis of parking facility characteristics, followed by an analysis of user satisfaction with parking facilities using the Importance-Performance Analysis (IPA) method, and recommendations based on the research findings. Data collection was carried out by conducting a survey of four-wheeled vehicle license plates and distributing questionnaires to 101 respondents who use the parking facilities.

Based on the results of this study, the Tugu Station parking facilities have the highest parking index value of 110.53%, an average parking duration of 34 minutes, and a parking turnover of 4.19. These data classify the facility as a short-term parking category. The facility also has the highest parking index value above 100%, indicating that during peak flow conditions, the available parking area is insufficient to meet parking needs. Regarding customer satisfaction levels, the study found that the highest priority indicator requiring improvement in the parking service is the parking fee for four-wheeled vehicles. Other high-priority indicators for improvement, based on respondent opinions, include ease of finding parking, ease of maneuvering while parking, queue length, and guidance from parking attendants.

Kata Kunci : Parkir, Stasiun, Evaluasi Pelayanan, Indeks Parkir, Importance-Performance Analysis

  1. S1-2024-413857-abstract.pdf  
  2. S1-2024-413857-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-413857-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-413857-title.pdf