PENGARUH BIAYA DAN FAKTOR-FAKTOR UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) TERHADAP INTENSI PENGGUNAAN QUICK RESPONSE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA PEDAGANG PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA
FRAHESA OKTAFIA ROFAH, Dr. Agusta Ika Prihanti Nugraheni, S.E., M.B.A.
2024 | Tugas Akhir | D4 PERBANKAN
QRIS merupakan standar kode QR nasional yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran nontunai di Indonesia. Dalam penelitian ini membahas lebih lanjut mengenai pengaruh biaya dan menganalisis faktor-faktor dengan menggunakan model UTAUT yang mempengaruhi penggunaan QRIS, dengan objek sasaran pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner, sampel yang digunakan berjumlah 100 responden yang diperoleh menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention. Sedangkan biaya merchant discount rate berpengaruh negatif dan signifikan terhadap behavioral intention.
QRIS is a national QR code standard launched by Bank Indonesia and the Indonesian Payment System Association to integrate all cashless payment methods in Indonesia. This study further discusses the effect of costs and analyzes the factors using the UTAUT model that affect to use of QRIS, with the target object of traders in Yogyakarta Beringharjo Market. This study used a quantitative approach through a questionnaire, the sample used amounted to 100 respondents obtained using non-probability sampling with purposive sampling technique. The data analysis used in the study was multiple linear regression analysis using SPSS software. The results of this study indicate that performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating conditions have a positive and significant effect on behavioral intention. Meanwhile, the merchant discount rate has a negative and significant effect on behavioral intention.
Kata Kunci : QRIS, model UTAUT, biaya MDR, Pasar Beringharjo Yogyakarta