Saluran Pemasaran Beras Organik di Kabupaten Boyolali
Dian Prasasty, Prof. Dr. Ir. Masyhuri; Asih Kusumaningsih, S.P., M. Sc.
2024 | Skripsi | SOS.EK. PERTANIAN (AGROBISNIS)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pola saluran pemasaran beras organik di Kabupaten Boyolali, (2) Besarnya marjin pemasaran pada tiap saluran pemasaran beras organik di Kabupaten Boyolali, (3) Besarnya farmer's share pada tiap saluran pemasaran beras organik di Kabupaten Boyolali. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling yang ditujukan kepada petani anggota Aliansi Petani Padi Organik Boyolali (APPOLI) dan pedagang beras organik di Kabupaten Boyolali berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Sampel yang diperoleh pada penelitian ini sebanyak 40 responden petani dan 7 responden pedagang beras organik. Metode dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier dan uji T. Hasil penelitian menunjukan (1) Terdapat empat saluran pemasaran beras organik di Kabupaten Boyolali, yaitu: (a) Petani - Pengecer pasar - Konsumen, (b) Petani - APPOLI - Konsumen, (c) Petani - APPOLI - Agen pemasaran - Konsumen, (d) Petani - APPOLI - Pedagang besar - Pedagang pengecer - Konsumen. (2) Marjin tertinggi terdapat pada saluran pemasaran 4, yaitu sebesar Rp27.700/kg. (3) Bagian harga yang diterima petani (farmer's share) paling besar terdapat pada saluran 1, yaitu sebesar 52,54%. Diketahui jumlah lembaga pemasaran memengaruhi besaran marjin dan farmer's share.
This research aims to determine (1) The pattern of organic rice marketing channels in Boyolali Regency, (2) The amount of marketing margin in each organic rice marketing channel in Boyolali Regency, (3) The amount of farmer's share in each organic rice marketing channel in Boyolali Regency. The sampling method used was purposive random sampling addressed to farmers who are member of the Boyolali Organic Rice Farmers Alliance (APPOLI) and organic rice traders in Boyolali Regency based on predetermined criteria. the sample obtain in this study was 40 farmer respondents, and 7 trader respondents. The basic method used in this study was the quantitative analysis method using linear regression analysis and the T test. The result of the study showed (1) There are 4 organic rice marketing channels in Boyolali Regency, namely: (a) Farmers - Market retailers - Consumers, (b) Farmers - APPOLI - Consumers, (c) Farmers - APPOLI - Marketing agents - Consumers, (d) Farmers - APPOLI - Wholesalers - Retailers - Consumers. (2) The highest margin is in marketing channels 4, which is IDR 27,700/kg. (3) The largest share of the price received by farmers (farmer's share) is sin channel 1, which is 52,54%. It is known that the number of marketing institutions influences the size of the margin and farmer's share.
Kata Kunci : saluran pemasaran, marjin pemasaran, lembaga pemasaran, farmer's share, beras organik