EFIKASI AKADEMIK SEBAGAI MEDIATOR PERAN ADIKSI PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PENILAIAN PERFORMA AKADEMIK SISWA SMA DI YOGYAKARTA
HIMMATUL AMALIA, Prof. Dr. Faturochman, M.A.
2024 | Skripsi | PSIKOLOGI
Gawai telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dan digunakan hampir oleh semua orang di seluruh sektor kehidupan. Di sektor pendidikan, siswa di sekolah juga tidak terpisahkan dari gawai dalam genggaman tangan mereka. Sebagai remaja, siswa menjadi kelompok yang berisiko tinggi untuk mengalami adiksi atau penggunaan yang tidak terkendali pada gawai yang selanjutnya dapat mempengaruhi performa akademik. Namun, apakah pengaruh tersebut bersifat langsung? Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa performa akademik dipengaruhi oleh adiksi gawai melalui efikasi akademik. Sayangnya, penelitian tentang efikasi akademik sebagai mediator peran adiksi gawai terhadap penilaian performa akademik di Indonesia masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah peran kecenderungan adiksi gawai pada siswa terhadap penilaian performa akademik dimediasi oleh efikasi akademik. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui survei pada 176 partisipan siswa SMA yang bersekolah di Kota Yogyakarta. Hasil pengujian menunjukkan pengaruh langsung adiksi gawai terhadap performa akademik signifikan, begitu pula peran efikasi akademik sebagai mediator juga signifikan. Peran atau efek langsung adiksi gawai terhadap performa akademik lebih besar dibandingkan melalui efikasi akademik sehingga efek mediasinya bersifat parsial.
Mobile devices have become a crucial part and are used by nearly everyone across all life aspects. In the educational setting, students are also inseparable from their mobile devices at schools. Students at adolescent age have become a high-risk group of smartphone addiction, an uncontrolled use of mobile devices which can subsequently affect academic performance. However, is the influence direct? Some research findings suggest that academic performance is influenced by smartphone addiction through academic efficacy. In Indonesia, research on academic efficacy as a mediator of smartphone addiction influence on academic performance is still limited. This study aims to examine whether the role of smartphone addiction tendencies in students towards their perceived academic performance is mediated by academic efficacy. The study was conducted using a quantitative approach through a survey of 176 high school student participants in Yogyakarta. The test results indicate a significant direct influence of smartphone addiction on academic performance, as well as the significant role of academic efficacy as a mediator. The direct effect of smartphone addiction on academic performance is greater than through academic efficacy, making the mediating effect partial.
Kata Kunci : Adiksi Gawai, Performa Akademik, Efikasi Akademik