Laporkan Masalah

Kaufen Oder Nicht Kaufen Konsumsi Etis di Freiburg, Jerman

MONIKA SWASTYASTU, Dr. Sita Hidayah, S.Ant., M.A.

2024 | Tesis | S2 Antropologi

Konsumsi etis di Freiburg Jerman, terlihat jelas dalam kehidupan sehari-hari berkat tata kelola kota yang mendukung gaya hidup hijau dan berkelanjutan. Fokus penelitian ini meliputi bagaimana individu memilih produk produk etis dari supermarket, alasan di balik pilihan tersebut, dan keterhubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatoris di berbagai tempat berbelanja dan wawancara semi testruktur.

Meskipun konsumen berusaha memilih produk etis yang organik, fair trade, musiman, lokal, vegan/vegetarian, nihil sampah, mereka sering menghadapi ketidakkonsistenan dalam praktek konsumsi etis dan keterbatasan ekonomi yang membatasi produk etis. Konsumsi etis juga menciptakan kesenjangan kesenjangan sosial jika hanya dapat diakses oleh kelompok elit. Kapitalisme hijau bermanifestasi dalam konsumsi etis dengan memasukkan nilai keberlanjutan dalam logika pasar eksploitatif, menjadikan seakan-akan konsumen etis memilih produk etis melalui eko-label karena pilihan bebasnya sendiri untuk merubah dunia dan menyelamatkan lingkungan

Ethical consumption in Freiburg, Germany is evident in everyday life because of the city governance that supports eco-friendly and sustainable lifestyles. The focus of this research includes how individuals choose ethical products from supermarkets, the reasons behind their choices, and how this relates to everyday life. Data was collected through participatory observation at various shopping venues and semi-structured interviews.

Although consumers try to choose ethical products that are organic, fair trade, seasonal, local, vegan/vegetarian, and zero waste, they often face inconsistencies in ethical consumption and economic limitations that restrict access to ethical products. Ethical consumption also creates a social inequality if it is only accessible to an elite group. Green capitalism manifests in ethical consumption by incorporating the value of sustainability in an exploitative market , making it seem as if ethical consumer choose ethical products through eco-labels because of their free choice to change the wolrd and save the environment

Kata Kunci : Konsumsi Etis, Eko-label, Kapitalisme Hijau, Freiburg

  1. S2-2024-467011-abstract.pdf  
  2. S2-2024-467011-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-467011-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-467011-title.pdf