PERUMUSAN ALTERNATIF KEBIJAKAN MALL ABC ATAS PERTIMBANGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MASYARAKAT DALAM MEMILIH PUSAT PERBELANJAAN (MALL)
IQBAL RIZKY MAULANA, Bagaskara, S.E., M.Ec.Dev.
2024 | Tugas Akhir | D4 Manajemen dan Penilaian Properti
Pusat Perbelanjaan (mall) memiliki peranan yang penting di kehidupan masyarakat. Mall dijadikan sebagai tempat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menjadi gaya hidup. Saat ini perkembangan pertumbuhan pusat perbelanjaan (mall) bisa dikatakan cukup pesat dan merebak. Hal ini menjadikan beberapa pusat perbelanjaan (mall) gagal bersaing di masyarakat yang terindikasi dari sepinya jumlah pengunjung dan banyaknya tenant yang kosong. Hal ini kini sedang dialami oleh Mall ABC. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun alternatif kebijakan yang diusulkan oleh beberapa pakar dengan alat analisis berupa Analytical Hierarchy Process. Penyusunan alternatif kebijakan didasarkan pada faktor-faktor yang memengaruhi masyarakat dalam memilih pusat perbelanjaan (mall). Dari hasil analisis diperoleh, faktor lokasi merupakan faktor yang memiliki bobot prioritas terbesar masyarakat dalam memilih mall dengan bobot 29,62%. Dengan mempertimbangkan seluruh bobot prioritas faktor, para pakar mengusulkan pengelola Mall ABC untuk update tenants yang memenuhi kebutuhan makan, belanja, dan bermain dengan bobot prioritas 31,80%.
Shopping centers (malls) have an important role in people's lives. The mall is used as a shopping place to meet daily needs until it becomes a lifestyle. Currently, the development of the growth of shopping centers (malls) can be said to be quite rapid and spreading. This makes several shopping centers (malls) fail to compete in the community which is indicated by the quiet number of visitors and the number of empty tenants. This is now being experienced by Mall ABC. This research aims to develop alternative policies proposed by several experts with an analytical tool in the form of the Analytical Hierarchy Process. The preparation of policy alternatives is based on factors that affect the public in choosing shopping centers (malls). From the results of the analysis, the location factor is the factor that has the largest priority weight for the community in choosing a mall with a weight of 29.62%. Taking into account all the priority weights of the factors, experts propose the manager of Mall ABC to update tenants who meet the needs of eating, shopping, and playing with a priority weight of 31.80%.
Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process, Manajemen Ritel, Pusat Perbelanjaan