Laporkan Masalah

Analisis Preferensi Konsumen terhadap Brownies Krispi yang difortifikasi Arthrospira platensis dengan metode Analytical Hierarchy Process

BERLIANE NEVIA RAHMANIDA NUR, Prof. Dr. Amir Husni, S.Pi., M.P.; Dr. Nurfitri Ekantari, S.Pi., M.P.

2024 | Skripsi | TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

Brownies merupakan sejenis kue yang memiliki warna cokelat dengan tekstur padat dan rasa yang manis. Brownies memiliki masa simpan antara 2 sampai 3 hari dengan kandungan protein yang rendah. Pada penelitian ini, dikembangkan produk baru berupa brownies krispi untuk memperpanjang umur simpan dan meningkatkan kandungan protein melalui fortifikasi menggunakan Arthrospira platensis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap produk brownies krispi dengan fortifikasi Arthrospira platensis. Metode yang digunakan adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 130 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive random sampling, dan didapatkan 118 responden yang telah mengisi kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut flavor (0,443) dengan sub atribut cokelat (0,601) dan atribut rasa (0,284) dengan sub atribut manis cokelat (0,667) terbukti menjadi atribut dan sub atribut utama yang paling menentukan preferensi konsumen untuk mengonsumsi produk brownies krispi dengan fortifikasi Arthrospira platensis. Berdasarkan preferensi konsumen, produk brownies krispi dengan fortifikasi Arthrospira platensis memiliki bobot prioritas yang lebih tinggi (0,695) sehingga cenderung lebih disukai oleh konsumen. 

Brownies are a type of cake that is brown in color with a dense texture and a sweet taste. Brownies have a shelf life of 2 to 3 days and low nutritional content. In this study, a new product in the form of crispy brownies was developed to extend shelf `life and enhance nutritional content through fortification using Arthrospira platensis. The aim of this study was to identify consumer preferences for crispy brownies fortified with Arthrospira platensis. The method used was the Analytical Hierarchy Process (AHP). Data collection was conducted by distributing questionnaires to 130 respondents using purposive random sampling, resulting in 118 completed questionnaires. The results showed that the flavor attribute (0.443) with the chocolate sub-attribute (0.601) and the taste attribute (0.284) with the sweet chocolate sub-attribute (0.667) were proven to be the main attributes and sub-attributes determining consumer preferences for consuming crispy brownies fortified with Arthrospira platensis. Based on consumer preferences, crispy brownies fortified with Arthrospira platensis had a higher priority weight (0.695), indicating a tendency to be more preferred by consumers. 

Kata Kunci : AHP, Arthrospira platensis, brownies krispi, preferensi konsumen

  1. S1-2024-455649-abstract.pdf  
  2. S1-2024-455649-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-455649-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-455649-title.pdf