Analisis Sensori dengan Metode Projective Mapping dan Minat Beli Snack Bar yang Difortifikasi Granula Arthrospira platensis
HASNA NUJUMUL 'AISY, Dr. Nurfitri Ekantari, S.Pi., M.P.
2024 | Skripsi | TEKNOLOGI HASIL PERIKANANSnack bar yang difortifikasi granula Arthrospira platensis perlu diuji dengan produk sejenis di pasaran untuk mengetahui karakteristik sensori dan minat beli terhadap produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sensori produk snack bar yang difortifikasi granula Arthrospira platensis dibandingkan dengan produk komersial yang ada di pasaran menggunakan metode projective mapping dalam memahami persepsi konsumen serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk snack bar granula Arthrospira platensis. Sampel snack bar yang digunakan untuk pengujian projective mapping yaitu snack bar granula Arthrospira platensis (SS) dan 14 sampel snack bar komersial yang diberi kode FB, SJ, SB, GV, LM, GB, BL, ML, CK, CV, DL, BW, FX, dan GN. Penentuan faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap snack bar granula Arthrospira platensis dilakukan melalui penyebaran kuesioner online dan dianalisis menggunakan chi square. Sebanyak 120 orang menjadi subjek dalam penelitian ini. Hasil uji projective mapping menunjukkan sampel snack bar granula Arthrospira platensis memiliki atribut aroma yang mirip dengan produk CK, atribut kenampakan yang mirip dengan produk GN, atribut rasa yang mirip dengan produk CV, serta atribut tekstur yang mirip dengan produk FX, BL, dan LM sehingga produk snack bar granula Arthrospira dapat bersaing dengan produk snack bar di pasaran. Hasil analisis minat beli menunjukkan bahwa faktor ketertarikan responden dalam membeli produk snack bar granula Arthrospira platensis dipengaruhi oleh kesukaan snack bar di pasaran dan pengetahuan terhadap Arthrospira platensis (p<0>
Snack bars fortified with Arthrospira platensis granules need to be tested with similar products on the market to determine sensory characteristics and buying intention. This research aims to determine the sensory characteristics for snack bar products fortified with Arthrospira platensis granules compared to commercial products on the market using the projective mapping method to understand consumer perceptions and to analyze the factors that influence consumer’s buying intention in snack bar products fortified with Arthrospira platensis granules. The snack bar samples used for projective mapping testing were Arthrospira platensis granules snack bars (SS) and 14 commercial snack bar samples coded FB, SJ, SB, GV, LM, GB, BL, ML, CK, CV, DL, BW, FX, and GN. Determining the factors that influence consumer’s buying intention in Arthrospira platensis granules snack bars was carried out by distributing online questionnaires and analyzed using chi square. A total of 120 people were subjects in this research. The results of the projective mapping test showed that the Arthrospira platensis granules snack bar sample had a similar aroma attributes to the CK product, a similar appearance attributes to the GN product, a similar taste attributes to the CV product, and similar texture attributes to the FX, BL, and LM products so Arthrospira platensis granules snack bar products can compete with snack bar products in the market. The results of the buying intention analysis showed that buying intention of Arthrospira platensis granules snack bar products is influenced by consumers preference for snack bars on the market and their knowledge about Arthrospira platensis (p<0>
Kata Kunci : projective mapping, analisis sensori, minat beli, Arthrospira platensis, snack bar