Laporkan Masalah

EVALUASI USABILITY DAN USER EXPERIENCE PADA LAYANAN PELATIHAN SISNAKER DENGAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNARE (UEQ)

ARIF BUDI SETIAWAN, Prof. Ir. P. Insap Santosa, M.Sc., Ph.D., IPU. ; Prof. Dr. Ir. Ridi Ferdiana, S.T., M.T., IPM.

2024 | Tesis | S2 Teknologi Informasi

Layanan Pelatihan Sisnaker adalah sistem informasi yang menyediakan informasi tentang pelatihan kerja bagi pencari kerja di Indonesia. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi pencari kerja agar dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja. Untuk mengetahui seberapa baik sistem ini dapat digunakan dan memberikan pengalaman yang positif bagi pengguna, penelitian ini mengevaluasi usability dan user experience menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ).

Penelitian ini melibatkan 212 responden yang merupakan pengguna layanan pelatihan Sisnaker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan pelatihan Sisnaker memiliki nilai rata-rata SUS sebesar 64,19 dan nilai rata-rata UEQ sebesar 1,56, yang menunjukkan bahwa sistem memiliki usability yang baik dan user experience yang positif. Secara lebih rinci, skor SUS tertinggi adalah pada kelompok usia 35-54 tahun dengan nilai rata-rata 73,50, sedangkan skor UEQ tertinggi adalah pada dimensi kejelasan dengan nilai rata-rata 1,83.

Selain itu, penelitian ini menganalisis hubungan antara SUS dan UEQ menggunakan metode Korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara skor SUS dan semua dimensi UEQ, dengan korelasi terkuat pada dimensi kejelasan (r=0,59) dan korelasi terlemah pada dimensi kebaruan (r=0,49). Ini menunjukkan bahwa Korelasi Pearson dapat menjelaskan hubungan antara SUS dan UEQ.

Penelitian ini menunjukkan bahwa SUS dan UEQ memiliki hubungan yang positif dan memberikan kontribusi penting dalam memahami pengalaman pengguna dan usability pada Layanan Pelatihan Sisnaker, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan sistem informasi ketenagakerjaan di Indonesia.

The Sisnaker Training Service is an information system that provides information about job training for job seekers in Indonesia. This system aims to improve the skills and competencies of job seekers so they can meet the needs of the job market. To find out how well this system can be used and provide a positive experience for users, this research evaluates usability and user experience using the System Usability Scale (SUS) and User Experience Questionnaire (UEQ) methods.

This research involved 212 respondents who were users of Sisnaker training services. The research results show that the Sisnaker training service has an average SUS score of 64.19 and an average UEQ score of 1.56, which indicates that the system has good usability and a positive user experience. More specifically, the highest SUS score was in the 35-54 year age group with an average score of 73.50, while the highest UEQ score was in the clarity dimension with an average score of 1.83.

In addition, this study analyzes the relationship between SUS and UEQ using the Pearson Correlation method. The results of the analysis show that there is a significant positive correlation between SUS scores and all UEQ dimensions, with the strongest correlation in the clarity dimension (r=0.59) and the weakest correlation in the novelty dimension (r=0.49). This shows that Pearson Correlation is effective in explaining the relationship between SUS and UEQ.

This research shows that SUS and UEQ have a positive relationship and provide an important contribution in understanding user experience and usability in the Sisnaker Training Service, as well as providing recommendations for improving the quality of services and employment information systems in Indonesia.

Kata Kunci : SUS, UEQ, Layanan Pelatihan Sisnaker, Usability, User Experience

  1. S2-2024-467592-abstract.pdf  
  2. S2-2024-467592-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-467592-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-467592-title.pdf